Penerapan Model Tematik di Taman KanakKanak Buah Hati Surabaya

Lugito, Emi (2006) Penerapan Model Tematik di Taman KanakKanak Buah Hati Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2370_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2370_Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151885

Abstract

Fenomena yang ada menunjukkan bahwa kurikulum Nasional 1994 yang banyak dipakai di sekolah kurang kondusif untuk mewujudkan perkembangan intelektual, emosional dan praktikal peserta didik. Sekolah Playgroup & Taman Kanak - Kanak Kr. Buah Hati dengan menggunakan kurikulum integratif merubah materi pelajaran sekolah II konvensional II diintegrasikan dalam beberapa tema besar yang disebut model pembelajaran tematik. Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang baru sehingga peneliti ingin melihat penerapannya. Skripsi ini dilakukan untuk mengkaji model pembelajaran tematik di sekolah Buah Hati Surabaya. Lingkup kajian meliputi : tujuan pengajaran, strategi pengajaran, materi I tema pengajaran, media pembelajaran dan evaluasi. Fokus dalam penelitian ini yaitu : mengkaji penerapan I pelaksanaan model pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dimana data dianalisis secara kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah dan dua orang guru kelas TK B. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian antara teori I tuntutan ideal dan praktik I penerapan dari model pembelajaran tematik dalam hal : pemahaman guru, metode pengajaran, materi I tema pengajaran, dan evaluasi. Penerapan model pembelajaran tematik yang masih perlu. diperbaiki dalam hal : dalam bertanya lebih berfokus pada pertanyaan sempit atau konvergen, sehingga menghasilkan jawaban singkat dan menghambat diskusi, penggunaan media teknologi berupa komputer yang masih perlu dilengkapi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka para pendidik perlu melakukan evaluasi terhadap penyampaian materi, mengikuti pelatihan mangenai cara bertanya yang mengarah pada berpikir kritis, pelatihan dalam hal penyediaan media sumber belajar yang lebih bervariatif dan penggunaan sumber belajar dalam proses belajar mengajar. Pihak sekolah juga perlu mempertimbangkan pengadaan media teknologi untuk pengajaran materi I tema di kelas.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 09 Aug 2018 09:05
Last Modified: 09 Aug 2018 09:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32925

Actions (login required)

View Item View Item