SAPUTRA, IRWAN NUGRAHA (2012) Perancangan Strategi Merek pada Perusahaan Mebel di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis semakin hari semakin ketat. Setiap bidang usaha dituntut untuk memiliki strategi pemasaran yang baik dan tepat untuk dapat bersaing dengan pesaing sejenisnya. Salah satu bisnis yang saat ini mulai berkembang adalah mebel. Banyaknya pelaku bisnis yang mencoba merambah bisnis mebel baik sebagai produsen mebel atau sebagai toko mebel sehingga persaingan antara produsen mebel semakin tinggi khususnya di daerah Surabaya karena banyak apartemen baru dan perumahan-perumahan yang berdiri. Dengan banyaknya apartemen baru dan perumahan-perumahan maka peluang bagi produsen mebel untuk dapat mengisi apartemen dan perumahan-perumahan semakin besar namun persaingan untuk mendapatkan pastinya juga akan semakin ketat. Melihat keadaan atau persaingan yang seperti itu maka setiap produsen ataupun toko mebel dituntut dapat memiliki strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan. Perusahaan yang sudah memiliki strategi pemasaran juga perlu melakukan perubahan yang efektif, yang akan berdampak sangat signifikan bagi penjualan produk perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah merancang strategi membangun merek untuk perusahaan mebel milik Bapak Tedjo dan juga menyusun strategi pemasaran untuk perusahaan mebel Bapak Tedjo. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan informasi bagi perusahaan supaya dapat bersaing dengan pesaing melalui strategi pemasaran yang dirancang. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini dilakukan penyebaran kuisioner. Tahap awal untuk melakukan penyebaran kuisioner ini adalah membagi responden menjadi konsumen pengguna dan konsumen potensial baru mulai melakukan survei awal yang ini berguna sebagai dasar untuk membuat kuisioner yang akan disebarkan. Tahap berikutnya adalah melakukan pre- sampling kepada 10 konsumen pengguna dan 20 konsumen potensial, kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk melihat apakah kuisioner yang dirancang sudah dipahami responden atau belum. Tahap akhir dilakukan sampling kepada 30 konsumen pengguna dan 100 konsumen potensial, kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk melihat apakah kuisioner sudah dipahami atau belum. Dari hasil kuisioner yang dilakukan, didapatkan data demografi, perilaku, tingkat kepentingan, dan tingkat kepuasan konsumen. Setelah pengumpulan data dilakukan beberapa analisis sebelum ditarik kesimpulan antara lain analisis deskriptif, analisis perilaku konsumen, analisis tingkat kepuasan dan kepentingan, analisis crosstabs, analisis MANOVA, analisis kuadran, analisis SWOT, branding strategy, perancangan STPD, bauran pemasaran 4P. Dari hasil analisis crosstab terdapat 2 variabel yang signifikan (Significance Value < α (α = 5%), dan Expected Count Less Than 5 tidak lebih dari 20%) yaitu usia ( 0.0001 <0.05, 12.5%) dan pendidikan (0.007 <0.05, 16.7%). Dari hasil manova didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan antara kelompok konsumen pengguna dan kelompok konsumen potensial karena hasil signifikansi dari Wilks’ Lambda (0.004) lebih kecil dari 0.05 sehingga tolak Ho. Pada analisis kuadran, didapatkan kelebihan dan kekurangan dari produk mebel Bapak Tedjo yang berguna untuk merancang strategi pemasaran yang sesuai. Setelah itu branding strategy, pada analisis ini akan dibangun nama merek untuk produk mebel Bapak Tedjo yaitu Ted’s Furniture dengan tagline : fit to you. pemilihan nama merek dan tagline berdasarkan hasil penyeberan kuisioner kepada 20 responden, Ted’s Furniture (40%) dan tagline : fit to you (40%). Segmentasi yang dilakukan adalah berdasarkan demografi yaitu orang berusia 30-40 tahun (54 orang) dan pendidikan terakhir sarjana(81 orang). Untuk target yang dituju usia <40 tahun dikarenakan dari hasil survey konsumen pontensial banyak yang usianya <40 tahun. Positioning yang dapat dilakukan Perusahaan mebel Bapak Tedjo dengan membuat tagline : “Fit to you”. Deferensiasi yang dimiliki produk mebel Bapak Tedjo adalah produk mebel memiliki kualitas dan keawetan yang terjamin namun dengan harga yang dapat memuaskan konsumen. Strategi produk yang dirancang yaitu dengan membangun merek untuk produk mebel dan juga mulai menggunakan software dalam gambar kerja. Untuk strategi promotion yang dilakukan adalah lain website, brosur, notes, kartu nama , amplop yang ada kop surat ted’s furniture.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mebel, strategi pemasaran, Branding. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 23 Mar 2013 03:47 |
Last Modified: | 23 Mar 2013 03:47 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3293 |
Actions (login required)
View Item |