Studi Deskriptif Tentang Penerapan Cara Pengajaran Berdasarkan Variasi Gaya Belajar Siswa di Madrasah

Lisda, Iswanti (2007) Studi Deskriptif Tentang Penerapan Cara Pengajaran Berdasarkan Variasi Gaya Belajar Siswa di Madrasah. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_309_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_309_Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151854

Abstract

Perbedaan individual merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam proses pengajaran. Perbedaan individual terkait adanya variasi gaya belajar yang dimiliki setiap siswa, adapun variasi gaya belajar siswa dengan visual, aural, read/write, dan kinestetik. Dalam proses pembelajaran guru sebaiknya mengenali variasi gaya belajar yang dimiliki siswa karena di sekolah setiap siswa mempunyai cara yang berbeda untuk mempelajari suatu informasi yang baru, sehingga diperlukan cara yang optimal untuk menangkap suatu makna dari informasi yang disampaikan guru. Dalam pengamatan awal, diketahui bahwa guru mengajar dengan menggunakan satu metode yaitu metode ceramah, sedangkan para siswa merasa bosan dan jenuh ketika di kelas guru hanya memberi penjelasan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pemahaman guru tentang variasi gaya belajar siswa dan cara penerapan pengajaran yang dilakukan guru dengan mempertimbangkan variasi gaya belajar siswa di madrasah. Subyek penelitian ini adalah 13 orang (N = 13) guru yang mengajar di kelas VIII di tiga madrasah di Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisa data dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian, guru memahami variasi gaya belajar yang dimiliki siswa namun cara pengajaran guru kurang bervariasi sehingga kebutuhan variasi gaya belajar siswa tidak terpenuhi. Penerapan cara pengajaran yang digunakan guru sebagian besar menggunakan metode ceramah karena dianggap metode yang mudah dan efektif. Saran yang disampaikan bagi guru diharapkan lebih memperkaya variasi metode mengajar, tidak hanya menggunakan metode mengajar ceramah yang hanya sesuai dengan gaya belajar aural namun perlu memperhatikan bagi siswa yang mempunyai gaya belajar yang lain (kinestetik, read/write, dan visual) dengan penerapan metode mengajar yang bervariasi, diantaranya: tanya jawab, diskusi, problem solving, demonstrasi, dan penugasan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Metode Mengajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:43
Last Modified: 13 Aug 2018 02:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/32960

Actions (login required)

View Item View Item