Analisa Ekuitas Merek Rokok Sampoerna A-Mild

Suswanto, Gunawan Drajad (1999) Analisa Ekuitas Merek Rokok Sampoerna A-Mild. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231094

Abstract

Dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta, Indonesia merupakan pasar yang bagus bagi industri rokok. Dengan semakin banyaknya merek rokok yang beredar di pasaran baik merek rokok produksi dalam negeri maupun produksi luar negeri. Maka persaingan untuk merebut pasar yang ada semakin ketat Di era yang semakin ketat ini maka perusahaan harus memikirkan dengan baik strategi pemasaran untuk dapat memenangkan persaingan tersebut. Pada saat ini salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam masalah pemasaran adalah merek. Merek merupakan salah satu aset yang berharga bagi perusahaan. Merek yang kuat adalah yang mempunyai ekuitas merek. Ekuitas merek terdiri dari loyalitas merek (brand loyalty), kesadaran merek (brand awareness), kesan kualitas (percieved quality), asosiasi-asosiasi merek (brand association). Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang pemah membeli dan mengkonsumsi rokok Sampoema A-Mild. Tujuan dari penyebaran kuesioner ini adalah untuk mengetahui ekuitas merek Sampoema A-Mild. Analisis yang dipergunakan adalah analisis cluster dilakukan untuk mengelompokan konsumen berdasarkan tingkat loyalitasnya kemudian dilakukan analisis dikriminan untuk mengetahui persentase kebenaran pengelompokan. Analisis manova dilakukan untuk mencari variabel yang membedakan cluster yang terbentuk. Analisis ketergantungan dilakukan untuk mengetahui ketergantungan cluster dengan latar belakang konsumen sehingga diketahui karakteristik konsumen tiap cluster. Dari analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan ada dua kelompok konsumen. Yang pertama adalah konsumen dengan tingkat loyalitas yang rendah dan memiliki kesadaran merek yang rendah terhadap rokok Sampoema A-Mild dengan karakteristik konsumen mayoritas berusia antara 21-30 tahun dengan pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa dan pengeluaran berkisar lebih dari Rp. 250.000; sampai dengan Rp. 750.000,- Yang kedua adalah konsumen tingkat loyalitas yang tinggi dan memiliki kesadaran merek yang tinggi terhadap rokok Sampoema A-Mild dengan karakteristik konsumen mayoritas berusia antara 31-40 tahun dengan pekerjaan sebagai wiraswasta dan pengeluaran berkisar lebih dari Rp.1.500.000; sampai dengan Rp.2.000.000;.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 28 Feb 2013 07:37
Last Modified: 28 Feb 2013 07:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item View Item