Analisis Prospek Pemasaran Produk Merek Baru Air Minum Dalam Kemasan Di Surabaya

Lukman, Iwan Budiharjo (1999) Analisis Prospek Pemasaran Produk Merek Baru Air Minum Dalam Kemasan Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231095

Abstract

Konsumsi air minum dalam kemasan (AMDK) di indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan. Kondisi ini ditunjang oleh semakin buruknya kondisi air tanah di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan Semarang. Sedangkan industri AMDK di Indonesia akhir-akhir ini juga memperlihatkan perkembangan yang pesat. Hal itu terlihat dari jumlah perusahaan yang bergerak dalam industri ini yang jumlahnya mencapai lebih dari 100 perusahaan. Banyak investor yang menginvestasikan modalnya dalam industri ini, namun banyak yang mengalami kendala pemasaran, terutama yang berskala kecil. Dengan banyaknya industri yang muncul, maka akan menyebabkan persaingan semakin ketat. Untuk itu perlu disusun suatu strategi untuk menghadapi persaingan tersebut, terutama bagi sebuah merek baru. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada konsumen yang mengkonsumsi AMDK. Hal ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang dianggap penting oleh konsumen pada saat mengkonsumsi AMDK. Analisis cluster dilakukan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan tingkat loyalitasnya, kemudian dilanjutkan dengan analisis diskriminan untuk mengetahui persentase kebenaran pengelompokkan. Analisis manova dilakukan untuk mencari variabel yang membedakan cluster yang terbentuk. Selanjutnya dilakukan analisis ketergantungan untuk mengetahui ketergantungan cluster dengan latar belakang konsumen sehingga diketahui karakteristik konsumen pada tiap cluster. Untuk mengetahui posisi merek-merek AMDK yang ada di pasaran untuk tiap cluster. dilakukan analisis dengan multi dimensional scaling. Dari penelitian ini dapat dihasilkan suatu kesimpulan bahwa sebagian besar konsumen ternyata memiliki tingkat loyalitas yang tinggi terhadap merek-merek yang sudah dikonsumsi sebelumnya. Dan hasil ini bisa menjadi masukan bagi perusahaan AMDK untuk melihat kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh merek-merek tersebut dan berusaha untuk menciptakan produk di mana kelemahan-kelemahan tadi menjadi suatu keunggulan yang disukai konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 28 Feb 2013 07:55
Last Modified: 28 Feb 2013 07:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3298

Actions (login required)

View Item View Item