Perencanaan Strategi Bisnis Dan Pengembangan Manajemen Merek Di Toko Sumber Rejeki Ban Rembang

WIJAYA, WILLIAM (2012) Perencanaan Strategi Bisnis Dan Pengembangan Manajemen Merek Di Toko Sumber Rejeki Ban Rembang. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231884

Abstract

Perencanaan strategi bisnis yang baik serta pengembangan manajemen merek yang baik pula, sangat dibutuhkan oleh Toko Sumber Rejeki Ban Rembang. Mengingat bahwa semakin banyaknya rivalitas yang ada dalam usaha jual-beli ban ini. Rivalitas ini muncul, baik dari kompetitor baru maupun dari pemain lama. Langkah awal yang harus dilakukan untuk menentukan suatu strategi bisnis adalah dengan melakukan analisis SWOT matrik yang ada pada Toko Sumber Rejeki Ban Rembang serta melakukan analisis terkait struktur industri yang ada pada toko ini dengan menggunakan pendekatan 5 kekuatan persaingan pokok (Porter, 1994, hlm 4-29) yaitu meliputi daya tawar pemasok, ancaman pendatang baru, daya tawar pembeli, ancaman produk subsitusi, dan daya tawar pembeli. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan strategi bisnis yang cocok untuk diterapkan pada jenis usaha ini, yaitu dengan menggunakan analisis formulasi strategi. Analisis formulasi strategi yang ada meliputi 3 tahapan utama, yaitu tahap input, tahap pemadanan, dan tahap keputusan. Pada tahap input, terutama dalam pembuatan matrik IFE, matrik EFE, dan CPM, didapatkan hasil bahwa untuk matrik IFE yang ada pada Toko Sumber Rejeki Ban Rembang mempunyai skor 2,59, apabila skor pada matrik IFE lebih dari 2,5 maka dapat diartikan bahwa toko ini sudah memiliki kinerja yang baik. Sedangkan untuk matrik EFE, skor yang dihasilkan adalah sebesar 3,16. Karena nilai dari Matrik EFE adalah di atas 2,5 maka dapat diartikan bahwa toko ini sangat respon terhadap faktor – faktor eksternal yang ada. Selanjutnya, dari pembuatan CPM didapat hasil bahwa Toko Sumber Rejeki Ban Rembang jauh lebih unggul dibanding dengan kedua pesaingnya, yaitu Toko Maju Ban dan Toko Teguh Laksana Ban. Setelah menyelesaikan tahap input langkah selanjutnya adalah masuk pada tahap pemadanan yang menggunakan 3 matrik utama yaitu GSM, IE Matrik, dan SWOT Matrik. Pada GSM di dapatkan hasil bahwa Toko Sumber Rejeki Ban Rembang masuk dalam kuadran I, hal ini didasari karena toko ini mempunyai pertimbangan pasar yang tinggi serta memiliki posisi kompetitif yang kuat pula. Sedangkan pada pembuatan IE- Matrik didapat hasil bahwa Toko Sumber Rejeki Ban Rembang masuk dalam sel II dari IX sel yang ada. Suatu organisasi yang masuk dalam sel II mempunyai arti bahwa organisasi tersebut harus tumbuh dan berkembang, dengan menggunakan beberapa alternatif tipe strategi yang disarankan. Setelah mengetahui beberapa alternatif tipe strategi yang disarankan, maka langkah selanjutnya adalah menerapkan tipe – tipe strategi tersebut ke dalam beberapa alternatif strategi yang dapat dijalankan oleh pihak toko, melalui pembuatan SWOT Matrik. Dari alternatif strategi yang diusulkan akan dikelompokkan berdasarkan tipe-tipe strategi yang ada, dan kemudian dipilih 3 tipe alternatif strategi terbesar untuk dijadikan alternatif strategi dalam pembuatan QSPM pada tahap keputusan. Setelah mengetahui 3 tipe alternatif strategi yang dirasa cocok, maka pada tahap keputusan ini akan dibuatlah QSP Matrik. Dari hasil QSPM didapatkan hasil bahwa Toko Sumber Rejeki Ban Rembang cocok jika menggunakan tipe strategi market penetration. Tipe strategi ini dapat diperkuat dengan menerapkan marketing strategy meliputi pembentukan strategi STPD dan 8PSetelah mengetahui strategi bisnis apa yang cocok, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana mengembangkan manajemen merek yang ada pada toko ini. Langkah awalnya adalah dengan mengukur brand equity scoring yang ada pada toko ini. Hasil pengukuran brand equity scoring menunjukkan bahwa ekuitas merek yang ada pada toko ini tergolong tinggi, yaitu dengan nilai skor sebesar 3. Hal itu dikarenakan skor pada masing-masing dimensi yang ada pada ekuitas merek yang dimiliki toko ini juga tinggi yaitu mempunyai skor masing-masing 3. Dimensi- dimensi itu meliputi brand awareness, brand associations, perceived quality, dan brand loyalty. Setelah mengetahui bahwa nilai ekuitas merek yang ada di Toko Sumber Rejeki Ban Rembang tergolong tinggi, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana untuk mempertahankan nilai ekuitas merek tersebut, salah satunya adalah dengan pembuatan brand elements dan media promosi lainnya. Brand elements yang dirasa penting dan dibutuhkan saat ini adalah elemen merek terkait pembentukan logo, taglines, dan website toko. Sedangkan untuk media promosi lainnya diusulkanlah pembuatan stiker, kalender, member card, dan seragam untuk para karyawan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: strategi bisnis, manajemen merek
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 20 Mar 2013 03:54
Last Modified: 20 Mar 2013 03:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3303

Actions (login required)

View Item View Item