Sutedjo, Diana Angelia (2004) Analisis Perilaku Konsumen terhadap Produk Marimas untuk Menetapkan Strategi dan Taktik Pemasaran. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2209_Abstrak.pdf Download (54kB) | Preview |
Abstract
Semakin maraknya persaingan yang terjadi di dalam dunia bisnis menuntut setiap perusahaan untuk dapat mampu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga perusahaan dapat mempertahankan setiap pelanggannya agar tidak beralih ke merek lain maka diperlukan analisis perilaku konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di seluruh wilayah Surabaya. Teknik sampling yang digunakan yaitu stratified sampling dan purposive sampling. Kuesioner dibagi dalam dua bagian yaitu: untuk responden yang pernah mencoba Marimas dan untuk responden yang belum pernah mencoba Marimas. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang menggambarkan tentang data keseluruhan responden baik yang pernah mencoba Marimas maupun yang belum pernah mencoba Marimas. Analisis crosstab menjabarkan tentang variabel-variabel yang mempunyai ketergantungan terhadap kedua kelompok responden yaitu jenis kelamin, frekuensi mengkonsumsi minuman serbuk buah segar dan hal yang tersirat dalam pikiran jika mendengar merek Marimas. Analisis Manova menjabarkan variabel-variabel yang beda itu adalah kesesuaian rasa dengan buah asli, desain kemasan, kemenarikan iklan minuman serbuk buah segar, kepopuleran bintang iklan minuman serbuk buah segar, kegencaran promosi. Analisis Kuadran menjabarkan tentang kelemahan dan kelebihan tentang Marimas. Di mana kelemahannya yaiu kesesuaian rasa kurang pas, iklan kurang menarik, serbuk marimas sering menggumpal, promosi Marimas kurang, sedangkan kelebihannya yaitu keanekaragaman jenis rasa, mudah didapatkan, dan kepopuleran bintang iklan. Analisis perhitungan mean tingkat kepentingan bagi konsumen potensial yang menjabarkan tentang variabel-variabel yang dipentingkan dalam memilih merek minuman serbuk buah segar yaitu keanekaragaman rasa minuman serbuk buah segar, kualitas serbuk minuman serbuk buah segar, kesesuaian harga minuman serbuk buah segar dengan kualitasnya, kemudahan mendapatkan minuman serbuk buah segar. Analisis Multidimensional Scale diketahui Marimas unggul dari kemudahan mendapatkan daripada merek lainnya. Analisis kesadaran merek menghasilkan Nutrisari sebagai Top Of mind sebanyak 29.7% dan Marimas menduduki peringkat kedua sebanyak 27%.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 07:13 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 07:13 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33138 |
Actions (login required)
View Item |