Hadinata, Wawan (2003) Perbaikan Kerja dan Kualitas untuk Meningkatkan Kualitas Produk Opak di PT. Sumber Makmur Pasuruan. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2034_Abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Perusahaan Sumber Makmur adalah perusahaan makanan ringan yang memproduksi opak. Selama ini persentase cacat yang terjadi di perusahaan tersebut masih cukup tinggi. Hal ini disebabkan tidak diketahui secara pasti faktor-faktor penyebab cacat yang terjadi karena perusahaan belum mempunyai metode pengendalian kualitas yang baik. Dengan adanya masalah tersebut diperlukan usaha pengendalian kualitas dengan menggunakan suatu metode yang cocok. Untuk mengendalikan jumlah cacat yang terjadi dilakukan dengan menggunakan alat-alat evaluasi mutu, yaitu peta kontrol, pembuatan diagram Ishikawa masing-masing jenis cacat untuk merancang perbaikan yang akan dilaksanakan. Hasil rancangan perbaikan kemudian diimplementasikan. Karakteristik cacat yang terjadi yaitu karakteristik cacat atribut untuk semua jenis cacat pada setiap produk yang diamati. Dari analisis awal didapatkan bahwa peta kontrol P untuk jenis cacat gosong, lubang dan melempem dalam keadaan tidak terkendali. Upaya perbaikan yang dilakukan adalah mengganti shift tenaga kerja yang semula 2 jam menjadi 1'12 jam, menambah karet pada ujung penjepit agar opak tidak mudah lubang dan pengaturan sistem bonus.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 07:57 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 07:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33146 |
Actions (login required)
View Item |