Tindakan Diskriminatif dalam Pendidikan Formal Terhadap Komunitas Tataoo dan Body piercing

Tresnawati, Sri Indah (2007) Tindakan Diskriminatif dalam Pendidikan Formal Terhadap Komunitas Tataoo dan Body piercing. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_302_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_302_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151861

Abstract

Tattoo-body piercing yang kini kian marak menemani kehidupan anak muda diperkotaan, ternyata malah menjadi identik dengan suatu simbol ‘kriminalitas’. Sampai tak jarang sekujur tubuh penuh gambar aneka motif dan penuh tindik, menimbulkan desah kengerian warga masyarakat awam. Tattoo-body piercing memang masih dianggap sebagai bagian dari dunia kriminal. Bagi komunitas tersebut sikap ini tidak adil terhadap sebuah karya seni. Tattoo-body piercing menurut mereka merupakan karya seni yang harus dihormati sebagaimana karya seni yang lain. Konotasi negatif dari masyarakat terhadap komunitas tattoo-body piercing itu menyebabkan sebagian besar komunitas tersebut tidak dapat mengenyam pendidikan yang layak. Tujuan penelitian ini mencari strategi untuk memecahkan dan juga mengkritisi permasalahan dalam hal pendidikan formal pada komunitas tattoo- body piercing. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan paradigma kritikal. Subjek penelitian laki-laki yang berjumlah 4 orang, berasal komunitas tattoo-body piercing di Surabaya. Keempat subjek mendapatkan diskriminasi pada pendidikan formal yang mereka tempuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Data diolah dengan organisasi data, koding, dan analisis data. Kredibilitas penelitian menggunakan metode triangulasi data dan teori.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 10:35
Last Modified: 24 Aug 2018 10:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33176

Actions (login required)

View Item View Item