Hubungan Antara Jam Kerja Berlebih dengan Kinerja Dosen dalam Proses Belajar Mengajar dengan Mengontrol Kelelahan

Aprilawati, Elika (2007) Hubungan Antara Jam Kerja Berlebih dengan Kinerja Dosen dalam Proses Belajar Mengajar dengan Mengontrol Kelelahan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_321_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_321_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/134426

Abstract

Kualitas Perguruan Tinggi (PT) tercermin dari kualitas pengajaran serta hasil pembelajaran yang baik. Hal ini dapat terwujud jika para pendidiknya memiliki kompetensi yang tidak hanya dibatasi pada segi pengetahuan saja. Banyak faktor penting yang turut mempengaruhi, salah satunya kualitas tubuh yang baik agar para pengajar di PT atau biasa disebut dosen mampu menghasilkan kinerja yang baik. Kinerja yang baik akan didapatkan apabila kompetensi berimbang dengan beban kerja yang didapatkan, sedangkan beban kerja dosen cukup besar terkait dengan tridharma (mengajar, meneliti serta melakukan pengabdian terhadap masyarakat) Berdasarkan data hasil survei, didapatkan bahwa jumlah dosen di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya cukup minim dikarenakan banyak dosen yang melanjutkan studi sehingga cukup banyak dosenyang akhirnya mendapatkan beban kerja berlebih. Akibatnya, jam kerja menjadi semakin meningkat dan dapat menurunkan kondisi tubuh dikarenakan rasa lelah yang melewati ambang batas kapasitas tubuh. Hal ini yang membuat dosenbekerja melebihi waktu sehingga menyebabkan kelelahan yang berakibat negatif bagi tubuh dan dapat menurunkan kinerja dosen dalam melakukan tridharma, khususnya proses belajar mengajar.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Jam kerja, kinerja, dosen, mengajar, kelelahan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:10
Last Modified: 27 Aug 2018 03:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33182

Actions (login required)

View Item View Item