Perancangan Servis Untuk Menentukan Strategi Bersaing Di Rumah Makan Warung Kuning Surabaya

Anne, Yosephine (2004) Perancangan Servis Untuk Menentukan Strategi Bersaing Di Rumah Makan Warung Kuning Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_2293_Abstrak.pdf

Download (68Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135542

Abstract

Ketahanan beli pelanggan merupakan salah satu faktor penentu yang sangat penting bagi suatu perusahaan untuk dapat terns menjalankan usabanya terutama jika perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa. Rumah Makan Warung Kuning berdiri sejak tahun 1974 dan bertempat di jalan Pasar Besar Surabaya. Selain berfungsi sebagai rumah makan, rumah makan ini juga menerirna katering. Persaingan bisnis rumah rnakan dan katering menjadi semakin ketat, hal ini dapat dilihat dengan banyak bermunculan rurnah makan dan katering baru yang menawarkan keistimewaan dan keunikannya masing-masing dan menyebabkan konsumen lebih selektif dalam memilih rumah makan dan katering sesuai dengan yang diinginkan. Rumah makan dan katering yang telah lama berdiri harus dapat bersaing, agar tidak kehilangan pelanggan. Oleh karena itu dalam suatu perusahaan diperlukan perancangan servis yang tepat supaya ketahanan beli pelanggan dapat meningkat, yang nantinya akan berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan. Selain itu dengan terbentuknya ketahanan beli yang baik maka suatu perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dan berkesinambungan serta memungkinkan teljadinya penarnbahan jumlah pelanggan melalui rekomendasi dari para pelanggan lama. Dibagi 2 cluster yaitu cluster konsumen pelanggan dan cluster konsumen potensial. Dari hasil uji crosstabs rumah makan terhadap ada atau tidak adanya pengaruh atau ketergantungan antara cluster konsumen yang telah terbentuk dengan variabel-variabel konsumen di setiap bagian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhnya, yaitu variabel pekerjaan, pengeluaran rata-rata anda per bulan, dan rurnah makan apa yang paling sering anda berlangganan. Sedangkan dari hasil uji crosstabs katering terhadap ada atau tidak adanya pengaruh atau ketergantungan antara cluster konsumen yang telah terbentuk dengan variabel-variabel konsumen di setiap bagian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruhnya, yaitu variabel pekerjaan, pengeluaran rata-rata anda per bulan, katering apa yang paling sering anda berlangganan, dan tertarik tidak untuk mencobanya. Dari hasil MDS didapat bahwa rumah makan Warung Kuning mempunyai kualitas pelayanan (18.03%) yang lebih baik dari lbu Indra (11.47%). Dalam hal rasa, Warung Kuning (8.87%) kalah jika dibandingkan dengan Tambak Bayan(37.90%) dan TipTop (13.71%). Dalarn hal harga, Warung Kuning (18.18%) lebih murah jika dibandingkan dengan Sari (7.58%). Sedangkan untuk katering Warung Kuning kalah dalam hal rasa (11.77%) jika dibandingkan dengan Glory (34.12%) dan Ny Robby (17.65%) dan Mojo (24.71%) dan dalarn hal ketepatan waktu kirim ada kesamaan jika dibandingkan dengan Elisa Dari informasi yang diperoleh, akan dilakukan sebagai acuan dalam melakukan perbaikan dan menyusun strategi pemasaran bagi rurnah makan dan katering Warung Kuning. Untuk rneningkatkan penjualan pada rurnah rnakan Warung Kuning perlu diadakan perbaikan pada variabel-variabel tertentu berdasarkan situasi pasar saat ini. Adapun variabel-variabel yang perlu untuk diadakan perbaikan adalah kebersihan, suasana, fasilitas dan rasa.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 29 Aug 2018 01:35
Last Modified: 29 Aug 2018 01:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33230

Actions (login required)

View Item View Item