RANCANGAN EFFECTIVE PERFORMANCE APPRAISAL (EPA) UNTUK MENUNJANG BADAN USAHA YANG BERORIENTASI PADA LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN

Darmasetiawan, Noviaty Kresna (2005) RANCANGAN EFFECTIVE PERFORMANCE APPRAISAL (EPA) UNTUK MENUNJANG BADAN USAHA YANG BERORIENTASI PADA LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. In: Proceeding 2nd Annual Symposium on Management : Achieving Excellence through Service Management, 16 -17 March 2005, Universitas Surabaya.

[img]
Preview
PDF
Darmasetiawan_Rancangan effective_Abstract_2005.pdf - Published Version

Download (68Kb) | Preview
[img] PDF
Darmasetiawan_Rancangan effective_2005 .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1353Kb) | Request a copy
[img]
Preview
PDF
Darmasetiawan_Rancangan effective_Reference_2005.pdf - Published Version

Download (25Kb) | Preview

Abstract

Saat ini mau tidak mau keterbukaan pasar membuat suatu orientasi baru bagi badan usaha untuk menang dalam persaingan, yaitu memberikan layanan dan menciptakan kepuasan pada pelanggan. Salah satu tugas terpenting dan tersulit bagi seorang manajer dalam rangka orientasi baru tersebut adalah melakukan pengendalian melalui performance appraisal terhadap para karyawan agar orientasi tersebut dapat tercapai, yang biasanya dilakukan dengan menggunakan rancangan performance appraisal pada umumnya. Badan usaha satu dengan lainnya memiliki orientasi yang berbeda satu sama lain, sehingga untuk menunjang tercapainya orientasi badan usaha tersebut perlu adanya performance appraisal yang lebih spesifik. Ketidakjelasan akan apa yang dinilai dan dengan apa karyawan akan dinilai membuat para karyawan merasa frustrasi dan kebingungan, demikian juga sebaliknya hasil penilaian yang tidak berdasar pada orientasi yang tepat akan membuat individu tidak suka mendengar hasilnya, dan para manajerpun juga tidak akan merasa nyaman untuk menyampaikan hasil, terlebih hasil negatif atas penilaian diri karyawan. Para manajer akan khawatir untuk mendapatkan serangan dari para karyawan sesudahnya. Penilaian atas kinerja yang obyektif dan efektif akan banyak gunanya. Dalam bidang pengembangan sumberdaya manusia, performance appraisal ini akan berdampak pada pemberian reward, promosi, memotivasi, pengembangan, pemberian feedback, dan pemenuhan aspek legalitas pemberhentian para karyawan oleh badan usaha apabila yang bersangkutan tidak berorientasi pada tujuan yang telah ditetapkan oleh badan usaha. Persyaratan performance appraisal yang efektif meliputi persyaratan obyektivitas pengukurannya serta pemilihan metode yang tepat. Badan usaha yang berorientasi pada layanan dan kepuasan pelanggan memiliki beberapa ciri. Oleh karena itu performance appraisal yang efektif untuk menunjang badan usaha yang berorientasi pada layanan dan kepuasan pelanggan secara spesifik sangat dibutuhkan untuk dirancang. Selama ini dikenal beberapa performance appraisal, yaitu performance appraisal orientasi hasil dan performance appraisal orientasi proses, di mana masing-masing mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, serta dikenal beberapa cara penilaian, salah satu di antaranya adalah 360 degree appraisal. Pada kesempatan ini akan diperkenalkan cara merancang performance appraisal orientasi hasil dengan performance appraisal orientasi proses yang dikombinasikan dengan pcnilaian secara 360 degree appraisal, dan dinamakan rancangan performance appraisal yang efektif (EPA), dimana rancangan ini berguna untuk mengendalikan karyawan yang bekerja dalam badan usaha yang mementingkan layanan dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Performance appraisal yang efektif, Obyektivitas pengukuran, Pemilihan metode yang tepat, Badan usaha yang berorientasi pada layanan dan kepuasan pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 12 Apr 2012 08:11
Last Modified: 13 Apr 2012 06:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item