Analisis Perilaku Konsumen Untuk Menetapkan Strategi Pemasaran CV. Libra Syprus and Food Industry Surabaya

Julianti, Ingrid (2000) Analisis Perilaku Konsumen Untuk Menetapkan Strategi Pemasaran CV. Libra Syprus and Food Industry Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136666

Abstract

CV Libra Syrups and Food Industry adalah perusahaan yang memproduksi sirup, selai, bumbu dapur. saos dan sambal botolan. Target market penjualan sirup pada awalnya adalah kalangan menengah ke bawah. Namun, perusahaan ingin memperluas target marketnya meliputi kalangan menengah ke atas dan bawah. Dengan makin banyaknya produk sejenis dalam pasar. menuntut suatu perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini diarahkan untuk mengetahi perilaku konsumen dalam membeli sirup, mengetahui perbedaan kualitas rasa, kemasan, dan label antara Libra dan pesaingnya sehingga dapat ditetapkan strategi pemasarannya berdasarkan hal-hal di atas dan membcrikan masukan-masukan untuk lebih meningkatkan kualitas produknya. Metode yang dipakai oleh penulis adalah analisis deskriptif untuk mengetahui frekuensi jawaban responden, mengelompokkan responden menjadi 2 kelompok. mengetahui variabel latar belakang tiap kelompok dengan crosstab, mengetahui perbedaan harapan antara 2 kelompok konsumen dengan Manova, menghitung kepuasan konsumen Libra dan variabel yang dipentingkan konsumen potensial dengan melibat mean tiap variabel yang berada di atas rata-rata keseluruhan. Konsumen dibagi menjadi 2 kelompok yaitu konsumen sirup Libra dan konsumen potensial ( yang belum pernah membeli sirup Libra) . Latar belakang yang membedakan tiap kelompok adalah umur, pekerjaan, pengeluaran per bulan, harga beli per botol, latar belakang membeli sirup, jumlah sirup yang dibeli dalam 6 bulan, dan tempat membeli sirup. Variabel yang dipentingkan dalam mengukur kepuasan konsumen sirup Libra dan konsumen potensial adalah rasa beraneka ragam, harga sesuai, rasa enak, tanggal kadaluarsa tertulis jelas, tahan lama, promosi gencar dan tersedia di berbagai tempat. Berdasarkan hasil-hasil di blind test dan wawancara outlet maka strategi yang diterapkan adalah strategi pengembangan pasar, dengan melayani konsumen menengah ke bawah dan konsumen menengah ke atas. Libra Special Grade dan Squash djposisikan untuk konsumen menengah ke bawah dengan harga antara Rp 4.000,- sampai Rp 5.000,-. Bentuk kemasan adalah botol plastik dengan tutup plastik untuk menekan harga. Selain itu juga dijual bentuk sachet dengan harga yang lebih murah. promosi Special Grade dan Squash dilakukan melalui iklan di surat kabar, distribusi Special Grade dan Squash dilakukan di toko-toko dan pasar. Rasa diperbaiki dan jumlah rasa yang disukai konsumen ditingkatkan. Libra Cream Syrup diposisikan untuk konsumen menengah ke atas dengan harga antara Rp 5.000,- sampai Rp 6.000,- Bentuk kemasan dalam botol kaca yang luks. Promosi Cream Syrup dilakukan dengan pembagian sampel di took-toko besar (supermarket). Distribusi dilakukan dengan menambah jumlah salesman untuk menawarkan produk di supermarket-supennarket. Rasa ditambah macamnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 14 Mar 2013 05:00
Last Modified: 14 Mar 2013 05:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3331

Actions (login required)

View Item View Item