Wibowo, Renny (2005) Pengukuran Tingkat Efisiensi Relatif Multiple Service Unit pada Lembaga Bimbingan X di Surabaya dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA). [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2496_Abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Lembaga X adalah lembaga bimbingan bel ar yang berdiri sejak l0 Maret 1982 di Yogyakarta. Semakin banyak outlet yang dimiliki Iembaga bimbingan X menyebahkan kesulitan dalam menilai tingkat efisiensi sehingga sering teljadi salah perhitungan, dengan hanya membandingkan profit yang diperoleh tanpa melihat skala atan besar usahanya Pengukuran efisiensi yang dilakukan pada 5 outlet lembaga bimbingan X di Surabaya dengan mengunakan metode DEA (Data Envelompent Analysis) yang dirancang khusus untuk melakukan pengukuran efisiensi relatif dalam formulasi bentuk linear programming. Pengukuran yang dilakukan meliputi 3 hal yaitu pengukuran efisiensi relatif internal dengan 6 bulan periode pengukuran, efisiensi relatif eksternal dengan periode pengukuran I semester, dan efisiensi relatif total dengan periode pengukuran 1 semester. Pengukuran efisiensi relatif internal mengunakan data input dan output yang berhubungan dengan biaya-biaya seperti biaya operasional, biaya tenaga kelja, biaya training, biaya pemasaran, pendapatan kursus, dan jumlah kelas yang dibuka, untuk pengukuran efisiensi relatif eksternal mengunakan input dan output yang berhubungan dengan kualitas layanan seperti tingkat kepuasan terhadap fasilitas, tingkat kepuasan karyawan, tingkat kemampuan siswa, tingkat kemampuan tentor menyeragamkan kemampuan siswa, dan tingkat kepuasan konsumen. sedangkan pengukuran efisiensi relatif total mengabungan antara data input dan output untuk efisiensi relatif internal dan eksternal. Berdasarkan hasil pengukuran tingkat efisiensi relatif internal yang memiliki efisiensi relatif internal dan gross profit margin tinggi untuk periode I adalah outlet B, periode 2 adalah outlet B, periode 3 adalab outlet C, periode 4 adalah outlet C, periode 5 adalab outlet C, dan periode 6 adalah outlet D. Efisiensi relatif eksternal pada semester I paling tinggi dimiliki oleh outlet E tetapi gross profit margin yang didapat dibawab standar yang ada, sedangkan untuk pegukuran efisiensi relatif total yang memiliki nilai efisiensi relatif dan gross profit margin tinggi pada semester l adalah outlet B dengan nilai efisiensi relatif total sebesar l dan gross profit margin sebesar 0.7778. Saran perbaikkan yang diberikan mengunakan metode benchmarking, Benchmarking yang dilakukan mengunakan hasil pengukuran efisiensi relatif total dengan alasan untuk outlet yang efisien secara total berarti outlet memiliki kemampuan untuk mendapatkan profit yang bagus tetapi di sisi lain kualitas layanan tetap dijaga agar konsumen puas, dalam hal ini adalah outlet B. Perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan outlet yang ada dengan cara mengecat tembok secara rutin, meningkatkan nilai rata-rata siswa khususnya untuk pelajaran Fisika dan Matematika, dan meningkatkan kepuasan karyawan terhadap gaji yang diterima agar loyalitas karyawan terhadap outlet meningkat. Pengunaan biaya operasional yang paling efektif untuk memperoleh pendapatan adalah pada outlet B, pengunaan biaya tenaga kelja yang paling efektif adalah outlet D, pengunaan biaya training paling efektif adalah outlet B, dan untuk biaya pemasaran paling efektif adalah outlet E. Outlet yang memiliki keuntungan dan gross profit margin paling besar pada semester I adalab outlet B, dan outlet yang merniliki rata-rata pendapatan per kelas yang paling besar adalab outlet D, yaitu sebesar Rp.I7,7I5,750 untuk setiap kelas yang dibuka
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 05:31 |
Last Modified: | 04 Sep 2018 05:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33326 |
Actions (login required)
View Item |