Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Berbasis Spiritual Pada Etnis Madura di UD Selamat Jaya

Aldy, Eva Fuad (2017) Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Berbasis Spiritual Pada Etnis Madura di UD Selamat Jaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_4007_Abstrak.pdf

Download (35Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/246960

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami nilai budaya etnis Madura dalam sistem pengendalian manajemen yang diterapkan di UD Selamat Jaya. Sistem pengendalian yang ditemukan dilakukan analisis kelemahan berdasarkan sudut pandang spiritualitas dan nilai budaya nya sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan UD Selamat jaya sebagai obyek penelitian. Ruang lingkup penelitian dibatas hanya pada lingkungan internal UD Selamat Jaya yang anggota organisasinya adalah orang Madura. Metode yang digunakan untuk memperolah data adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen (jika memungkinkan). Proses pengumpulan ada dilakukan dalam rentang waktu 3 bulan. Metode wawancara yang digunakan adalah semi-stuctured interviews dimana beberapa pertanyaan sudah disiapkan sebelumnya namun dalam proses nya menyesuaikan kondisi spontanitas partisipan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian yang dimiliki obyek masih dalam bentuk informal. Tidak banyak nilai budaya Madura yang dilaksanakan. Sebagian dilakukan sebagai kebiasaan tanpa pemahaman secara sadar. Dari sudut pendang spiritualitas pun demikian, tidak banyak namun ada secara tersirat. SPM berbasis spiritualitas yang dipadukan dengan makna nilai budaya Madura dapat menjadi dapat menjadi solusi dari analisa kelemahan yang dilakukan. Hasil analisa dan pembahasan menunjukkan bahwa SPM berbasis spiritualitas yang dikombinasikan dengan nilai budaya Madura memberikan dampak positif bagi UD Selamat Jaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: sistem pengendalian manajemen berbasis spiritualitas, nilai budaya, etnis Madura, budaya perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Sep 2018 07:45
Last Modified: 05 Sep 2018 07:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33356

Actions (login required)

View Item View Item