Penerapan Metode Analytic Network Process dalam Menentukan Competitive Criteria di Perusahaan Air Minum dalam Kemasan: Studi Kasus pada Merek Aqua dan Vit

Agustine, Maria Fransisca (2005) Penerapan Metode Analytic Network Process dalam Menentukan Competitive Criteria di Perusahaan Air Minum dalam Kemasan: Studi Kasus pada Merek Aqua dan Vit. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_2471_Abstrak.pdf

Download (105Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135579

Abstract

Seiring dengan perkembanganjaman dan semakin menjamumya industri-industri di kota-kota besar, maka semakin banyak pula limbah-limbah dan sampah-sampah yang telah dibuang sembarang oleh masyarakat dan mengakibatkan air sungai di kota-kota besar yang dimanfaatkan sebagai bahan baku air PDAM yang dahulu diminum oleh masyarakat menjadi kotor dan tidak layak lagi diminum sehingga masyarakat mengkonsumsi air minum dalam kemasan sebagai penggantinya. Sejalan dengan meningkatnya kebutuban masyarakat terhadap air minum dalam kemasan perusahaan-perusahaan dan merek-merek produk air minum dalam kemasan metYamur di mana-mana. Tetapi, penilaian suatu merck produk air minum dalam kemasan berbeda dengan merck produk air minum dalam kemasan yang lain berdasarkan kriteria internal dan eksternal. Dari sekian banyak kritcria-kritcria internal dan eksternal diatas, perusabaan-perusahaan air minum dalam ketnasan harus menaruh perhatian yang lebih terhadap kriteria-kriteria yang kompetitif. Untuk mengetahui dan mencntukan competitive criteria di perusahaan air minum dalam kemasan, penelitian dilakukan terbadap kriteria-kriteria tersebut dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Dengan mengetahui competitive criteria, diharapkan agar nantinya dapat memberikan usulan-usulan yang bermanfaat bagi perkembangan perusahaan-perusahaan air minum dalam kemasan. Penelitian ini mengambil dua objek perusahaan air minum dalam kcmasan yaitu perusahaan air minum dalam kemasan merck AQUA dan merck VIT. Penelitian pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data-data perusahaan air minum dalam kemasan merck AQUA dan merck VIT yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan penelitian. Penelitian kedua yang dilakukan adalah menyebarkan kuesioner pertama dan kuesioner pembobotan kepada konsumen di sekitar Surabaya dan pemah mengkonsumsi produk air ntinum dalam kemasan merck AQUA dan VIT, para pakar/ahli, dan perusahaan-perusahaan air minum dalam kemasan merck AQUA dan VIT. Setelah data-data yang diperoleh dari kucsioner pertama. maka pcngolahan data dan analisis basil jawaban kuesioner pertama dilakukan.dengan program .\'PSS for windows versi lO untuk mengetahui tingkat kepcntingan kritcria dan tingkat kepuasan konsumen tcrbadap air minum dalam kemasan merck AQUA serta merck VIT. Setelah jawaban-jawaban kucsioner pembobotan itu terkumpul, maka dilakukan uji konsistensi terbadap jawaban-jaYtaban kuesioner pembobotan tersebut dan perhitungan geometric mean dari jawaban-jawaban kuesioner pcmbobotan tersebut. Kemudian basil perhitungan geometric mean gabungan tersebut dimasukkan ke dalam matriks perbandingan metode Analytic Xetwork Process (ANP) tepatnya di dalam program Super Decision versi 1.6.0 dan diolah schingga dapat diperolch. basil berupa unweighted supermatrix, weighted supermatrix, limit supermatrix, priorities, dan synthesize. Dari basil-basil tersebut dapat melakukan pemetaan kritcria. baik secara keseluruhan maupun di dalam masing-masing cluster, pemetaan alternatif pada kritcria-kriteria tcrsebut, analisis keunggulan masing-masing perusahaan air minum dalam kcmasan. dan pemetaan altematif secara kescluruban.sehingga dapat mengetahui keunggulan masing-masing perusabaan. Dari basil pclaksanaan langkah-langkah di atas, dipcroleh kriteria terpenting menurut jawaban konsumen air minum dalam kemasan adalah kebersiban produk (4,768) dan kriteria dimana konsumen paling puas dengan AQUA adalah mudah didapat di toko (4,584) dan dengan VIT adalah kebersiban produk (4,3194).Dari basil pengolaban semua jawaban kuesioner pembobotan dan analisis-analisisnya, dapat diketahui kriteria terpenting adalah kebersihan produk (0.{)()6406). posisi perusahaan-perusahaan air minum dalam kemasan merek AQUA dan merek VIT pada setiap kriteria dan secara keseluruban AQUA pada peringkat 1 (0,513876) dan VIT pada pcringkat2 (0,486124) dan keunggulan masing-masing pcrusahaan air minum dalam kemasan itu. Hasil analisis-analisis tersebut dapat digunakan sebagai dasar dalam memberikan usulan-usulan yang berguna bagi perusabaan air minum dalam kemasan merck AQUA dan perusahaan air minum dalam kemasan merck VIT sehingga pcrusabaan-perusahaan air minum dalam kemasan merck AQUA dan merck VIT dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan pada masing-masing perusahaan air minum dalam kemasan tersebut. Dengan usaha perbaikan kekurangan-kekurangan tersebut. kedua perusabaan air minum dalam kemasan tersebut diharapkan dapat meningkatkan tingkat kepuasan konsumen terhadap air minum dalam kemasan. baik merek AQUA maupun merek VIT pada kriteria-kriteria tersebut dan secara keseluruhan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Sep 2018 11:21
Last Modified: 05 Sep 2018 11:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33358

Actions (login required)

View Item View Item