Perbedaan Persepsi Terhadap Pria Konsumen Pelacur Ditinjau Dari Jenis Kelamin

Ongkowidjoyo, Ong Silvia (1998) Perbedaan Persepsi Terhadap Pria Konsumen Pelacur Ditinjau Dari Jenis Kelamin. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/139757

Abstract

Pelacuran merupakan masalah yang sudah ada sejak lama di muka bumi ini. Pelacuran tunduk dalam hukum ekonomi supply & demand (Heraty, 1997, h.xvii), dimana ada dua faktor yang berperan penting dalam terjadinya pelacuran, yaitu wanita sebagai produsen dan pria sebagai konsumen. Selama ini upaya pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan bisnis ini dan akibat-akibat yang ditimbulkannya masih terfokus pada wanita pelacur, padahal pria konsumen pelacur berpotensi menularkan penyakit kelamin dan menimbulkan akibat-akibat lainnya. Dalam tatanan masyarakat Indonesia yang masih menganut system patriarki, masyarakat bersikap lebih "keras" pada wanita pelacur sedangkan pria konsumen pelacur dianggap murah. Sehingga pria konsumen pelacur menjadi masalah kontroversial karena masyarakat Indonesia masih berpegang teguh pada lembaga perkawinan sebagai satu-satunya legitimasi suatu hubungan seksual. Dalam mempersepsi suatu objek yang sama (dalam hal ini pria konsumen pelacur), ada perbedaan antara pria dan wanita karena perbedaan biologis dan peran jenis kelamin. Penelitian ini bermaksud mengetahui perbedaan persepsi terhadap pria konsumen pelacur ditinjau dari jenis kelamin. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas "X" Universitas Surabaya, dengan teknik quota sampling, sebanyak: 60 orang mahasiswa dan 60 orang mahasiswi Fakultas "X" Universitas Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis t-test. Dari uji asumsi diperoleh hasil tidak homogen dan hasil analisis data diperoleh t = 5.833, p < 0.01, yang artinya ada perbedaan persepsi terhadap pria konsumen pelacur yang meyakinkan antara mahasiswa pria dan wanita. Dari hasil rerata diperoleh rerata subjek pria 60.5 dan rerata subjek wanita 49.5, sehingga dapat dikatakan persepsi pria terhadap pria konsumen pelacur lebih positif dibandingkan persepsi wanita. Persepsi wanita lebih negatif terhadap pria konsumen pelacur karena wanita masih mengarah pada kontrol seks yang ketat, sedangkan pria lebih bebas dalam aktivitas seks.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 15 Mar 2013 07:17
Last Modified: 15 Mar 2013 07:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item View Item