Lina, Liang Rosah (2018) Implementasi Teori Antrian pada Toko Adi Jaya di Kecamatan Gedangan Sidoarjo. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
M_6019_Abstrak.pdf Download (43kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggurangi terjadinya komplain pelanggan yang diakibatkan karena panjang antrian dan lamanya waktu menunggu, menggurangi pelanggan meninggalkan antrian,menganalisis kebutuhan pelayan (server), serta mengetahui upaya yang dapat digunakan untuk mengurangi panjangnya antrian. Sehingga panjang antrian dapat diminimalisir dan dapat memberikan pelayanan dan kinerja yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan model M/M/1 dan M/M/2 untuk mengaplikasikan metode teori antrian dan dibantu dengan sofware SPSS 16.0 sebagai dasar untuk mengetahui distribusi yang akan digunakan, selanjutnya menggunakan sofware POM Windows 3 sebagai dasar untuk menganalisis panjang antrian, panjang antrian di dalam sistem, waktu layanan, dan waktu layanan di dalam sistem yang ada di dalam toko Adi Jaya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga jenis layanan dan pembelian yang dimiliki oleh toko Adijaya. Toko ini membutuhkan server tambahan untuk jenis layanan pencetakan dokumen, Cetak Foto, dan Foto Close Up. Selain melakukan penambahan server ini toko Adi Jaya dapat melakukan penambahan fasilitas untuk menunggu.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Antrian, Server, Fasilitas, Menunggu |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 27 Sep 2018 03:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2018 03:34 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33527 |
Actions (login required)
View Item |