Analisis Faktor Pembentuk P-Transqual pada Layanan Taksi Online

Lestari, Ika Mutia (2018) Analisis Faktor Pembentuk P-Transqual pada Layanan Taksi Online. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5995_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5995_Abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/248746

Abstract

Surabaya memiliki persoalan transportasi yang cukup rumit terutama terkait dengan kemacetan. Taksi online hadir sebagai salah satu layanan transportasi yang diminati oleh masyarakat karena menawarkan kualitas layanan yang lebih memuaskan dibandingkan transportasi konvensional lain, terutama masalah kenyamanan dan kemudahan berkendara. Kepuasan pelanggan merupakan hal utama, sehingga penting untuk mengukur kualitas layanan agar penyedia layanan dapat meningkatkan kualitas layanan. Kualitas layanan pada taksi online dapat diukur menggunakan P- TRANSQUAL yang terdiri dari 4 dimensi, yaitu dimensi comfort, dimensi tangible, dimensi personnel, dan dimensi reliability. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah 4 dimensi, yaitu dimensi comfort, dimensi tangible, dimensi personnel, dan dimensi reliability merupakan pembentuk P-TRANSQUAL pada layanan taksi online, khususnya di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode confirmatory factor analysis (CFA) melalui program IBM SPSS 24. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian dipilih menggunakan teknik non-probability sampling, karakteristik populasi yang dituju adalah pengguna layanan taksi online yang pernah menggunakan layanan taksi online dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, minimal berusia 16 tahun. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 sampel. Hasil penelitian menunjukkan dimensi comfort, dimensi tangible, dimensi personnel, dan dimensi reliability merupakan dimensi pembentuk P- TRANSQUAL pada layanan taksi online di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: P-TRANSQUAL, Kualitas Layanan, Analisis Faktor, CFA, Taksi Online
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 10 Oct 2018 02:48
Last Modified: 10 Oct 2018 02:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33608

Actions (login required)

View Item View Item