Wartani, Made Juliana Suksma (2018) Hubungan Money Attitude dan Compulsive Buying pada Perilaku Berbelanja Mahasiswa terhadap Barang Fashion yang tergolong Fashion Branded dengan Cognitive Dissonance After Purchase sebagai Variabel Moderator. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
IN_1249_Abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
Compulsive buying adalah perilaku berbelanja abnormal yang dianggap sebagai cara untuk mengurangi perasaan negatif yang dialami konsumen. compulsive buying berhubungan dengan money attitude karena kepribadian menentukan perilaku konsumen dalam menggunakan uang salah satunya untuk berbelanja. Namun adanya cognitive dissonance after purchase dapat membuat konsumen merubah perilakunya karena muncul pemikiran-pemikiran yang tidak sejalan setelah perilaku berbelanja dilakukan. Hal tersebut membuat konsumen kesulitan dalam mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran cognitive dissonance after purchase sebagai moderator hubungan antara money attitude dengan compulsive buying pada perilaku berbelanja mahasiswa terhadap barang fashion yang tergolong fashion branded. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 303 orang mahasiswa Universitas Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling dan accidental sampling. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah (1) money attitude berhubungan positif dengan compulsive buying (r= 0.285 ; p-value = ≤ 0.05), hasil tersebut menjelaskan bahwa kepribadian menentukan perilaku berbelanja konsumen. (2) cognitive dissonance after purchase tidak berperan menjadi moderator dalam hubungan antara money attitude dengan compulsive buying, hasil tersebut menyiratkan cognitive dissonance after purchase tidak berhasil memperkuat hubungan antara money attitude dan compulsive buying. Hasil tersebut juga menunjukan bahwa konsumen yang memasuki masa dewasa awal mampu mengendalikan pemikiran dan perilakunya setelah berbelanja.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Money Attitude, Compulsive Buying, Cognitive Dissonance After Purchase, Cognitive Dissonance, Cognitive Conssonance |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 02:43 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 02:43 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33622 |
Actions (login required)
View Item |