Efektivitas Edukasi Flipchart terhadap Pengetahuan, Sikap, Persepsi, dan Gula Darah Pasien DM Tipe 2 dengan Terapi Insulin

Rismawati, Kadek Yeni Dian (2018) Efektivitas Edukasi Flipchart terhadap Pengetahuan, Sikap, Persepsi, dan Gula Darah Pasien DM Tipe 2 dengan Terapi Insulin. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MFK_169_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MFK_169_Abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249581

Abstract

Latar belakang: Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang ditandai hiperglikemia dan gangguan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak akibat gangguan insulin, baik sekresi, kerja atau keduanya. Edukasi merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi komplikasi dan meningkatkan pengelolaan DM. Penelitian terdahulu menunjukan bahwa edukasi dengan flipchart memberikan pengaruh terhadap pengelolaan diabetes mellitus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari pemberian edukasi flipchart terhadap pengetahuan pasien DM tipe 2. Metode: Survey dilakukan menggunakan metode penelitian pre-experimental dengan desain pre-posttest study. Kuesioner digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan, sikap, dan persepsi pasien. Sampel adalah pasien diabetes mellitus tipe 2 di RSUD Sanjiwani Gianyar yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian dilakukan Juni-November 2017. Hasil data dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil: analisa pada empat puluh pasien diabetes mellitus tipe 2 menunjukkan terdapat perbedaan signifikan (p<0,005 ) pada pengetahuan, sikap, persepsi dan kadar gula darah acak sebelum dan setelah diberikan edukasi flipchart. Kesimpulan: Pemberian edukasi terapi insulin dengan media flipchart pada pasien diabetes mellitus tipe 2 dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan persepsi serta meningkatkan kontrol gula darah dengan menurunkan kadar gula darah acak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Mellitus tipe 2, Pengetahuan, Sikap, Persepsi, Gula darah acak
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:41
Last Modified: 15 Oct 2018 07:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33647

Actions (login required)

View Item View Item