Analisis Performansi Perangkat Lunak Bebas Computer Aided Manufacturing Guna Meningkatkan Produktivitas Proses Manufaktur

Suteja, The Jaya and Wijaya, Maryadi (2009) Analisis Performansi Perangkat Lunak Bebas Computer Aided Manufacturing Guna Meningkatkan Produktivitas Proses Manufaktur. In: Seminar Nasional - VIII Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri, 24-25 November 2009, Bandung.

[thumbnail of The Jaya Suteja_Analisis Performansi Perangkat Lunak Bebas Computer Aided Manufacturing.pdf] PDF
The Jaya Suteja_Analisis Performansi Perangkat Lunak Bebas Computer Aided Manufacturing.pdf

Download (561kB)

Abstract

Perangkat lunak Computer Aided Manufacturing (CAM) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu penggunanya dalam merancang proses manufaktur suatu komponen. Disamping perangkat lunak CAM yang bersifat komersil, banyak perangkat lunak CAM yang ditawarkan secara bebas yaitu free software, freeware, dan shareware. Masing-masing jenis perangkat lunak bebas CAM mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Perangkat lunak CAM yang sesuai untuk digunakan di industri manufaktur adalah free software dan freeware. Masing-masing perangkat lunak bebas CAM yang tersedia di pasar tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan fitur-fitur yang disediakan belum tentu sesuai dengan kebutuhan dari industri manufaktur. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk menganalisis performansi perangkat lunak bebas CAM yang tersedia di pasar serta kemudian memberikan rekomendasi terkait dengan implementasi dari masing-masing perangkat lunak bebas CAM yang tersedia di pasar. Dari hasil identifikasi fitur, fitur-fitur dari ketiga perangkat lunak bebas CAM tidak sama. Perangkat lunak G-Simple mempunyai fitur yang paling lengkap sedang perangkat lunak GCAM mempunyai fitur yang paling sedikit. Berdasarkan analisis performansi ketiga perangkat lunak bebas CAM didapatkan hasil bahwa dalam upaya meningkatkan produktivitas proses manufaktur, perangkat lunak G-Simple akan sangat membantu perancangan proses pemesinan - baik proses roughing maupun finishing - jika pemodelan komponen dilakukan dengan perangkat lunak yang sama dan jika dilakukan oleh pengguna yang mempunyai kompetensi yang cukup. Namun jika komponen yang akan dihasilkan sederhana dan sumber daya manusia yang ada tidak cukup kompeten maka perangkat lunak SimplyCAM akan sangat membantu. Sedangkan GCAM akan sangat berguna untuk proses pembuatan komponen khusus yang dilakukan dalam jumlah banyak. Hal ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengembangkan perangkat lunak tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Performansi, CAM, Perangkat Lunak Bebas, Produktivitas
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Manufacturing Engineering
Depositing User: Jaya Suteja 61106
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:53
Last Modified: 11 Jun 2021 03:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33703

Actions (login required)

View Item View Item