Perempuan dan Gaya Hidup Konsumtif

Noeswantari, Dian (2002) Perempuan dan Gaya Hidup Konsumtif. Jurnal DINAMIKA HAM, 2 (2). pp. 50-56. ISSN 1410-3982

[img]
Preview
PDF
Noeswantari_Perempuan_2002.pdf - Published Version

Download (430Kb) | Preview

Abstract

Perempuan dan ekonomi selalu menarik untuk dikupas dan dibicarakan. Hal itu terjadi karena dalam konsep dan prakteknya, kesetaraan ekonomi tidak pernah tercapai. Perempuan hampir selalu ditempatkan pada lapis kedua dari kegiatan ekonomi. Bahkan iklan-iklan yang cenderung hampir semuanya menggunakan perempuan, baik sebagai objek mau pun subjeknya, tampaknya tidak menjamin nasibperempuan menjadi lebih baik. Ada banyak contoh menarik. Hampir pada setiap iklan yang ditayangkan di media cetak dan elektronik, selalu ada sosok perempuan. Betapa hebat perernpuan ini! Tidak pandang produk yang diiklankan. Hal ini juga menjelaskan bahwa kelompok sasar iklan tersebut lebih banyak perempuan. Artinya, perempuan dianggap sebagai sosok yang memiliki daya jual atau komodifikasi tinggi. Keterlibatan perempuan dalam iklan lebih pada memberikan daya tarik tontonan dengan peran yang sekedar ilustratif. Apa maksud iklan-iklan yang selalu menonjolkan perempuan ini? Menyudutkan? Menghargai? Atau melecehkan, karena seolah mau mengatakan bahwa pusat gaya hidup konsumtif adalah perempuan, yang bermuara pada kebahagiaan keluarga. Penciptaan sebuah surga? Pembahasan kaitan antara perempuan dan konsumtifisme3 ini hendak mencoba menelusuri bahwa sebetulnya dalam kegiatan ekonomi, produksi dan konsumsi, perempuan belum sepenuhnya berada dalam posisi equal dengan lelaki. Kapitalisme dan patriarki masih meliliti perjuangan bagi munculnya kesetaraan gender.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup konsumtif, perempuan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Research Center > Center for Human Rights Studies
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 30 Apr 2013 05:55
Last Modified: 30 Apr 2013 05:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item