Formulasi Dispersi Padat dengan Perbandingan Komposisi Parasetamol dan PEG 4000 (1:0,5 dan 1:1) Menggunakan Metode Peleburan

Manullang, Jhon Leonaritua (2018) Formulasi Dispersi Padat dengan Perbandingan Komposisi Parasetamol dan PEG 4000 (1:0,5 dan 1:1) Menggunakan Metode Peleburan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_4643_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_4643_Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249268

Abstract

Parasetamol merupakan salah satu obat yang punya sifat sukar larut dalam media aqueous. Sifat sukar larut ini akan memengaruhi bioavailabilitas Peningkatan kelarutan obat dapat dilakukan dengan pembuatan dispersi padat. Parasetamol didispersikan dalam PEG 4000 sebagai pembawa hidrofilik dengan metode peleburan. Untuk mengamati pengaruh jumlah PEG 4000 terhadap peningkatan kelarutan parasetamol, maka dibuat dua formula dispersi padat yaitu perbandingan jumlah 1:0,5 dan 1:1. Setelah dibuat sediaan dispersi padat, formula tersebut kemudian dikarakterisasi dengan FTIR untuk menentukan interaksi antara parasetamol dan PEG 4000 sebagai bentuk dispersi padat. Setelah dikarakterisasi, dilakukan juga pengujian kadar parasetamol. Terakhir dilakukan uji disolusi untuk mendapatkan nilai peningkatan kelarutan jika dibandingkan dengan parasetamol murni. Dari hasil pengamatan profil disolusi tampak bahwa kelarutan dispersi padat parasetamol dan PEG 4000 justru lebih rendah dibandingkan parasetamol murni. Selain itu, uji penetapan kadar juga menunjukkan bahwa kadar parasetamol dalam sediaan tersebut tidak memenuhi syarat sesuai yang ditetapkan dalam farmakope Indonesia.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Parasetamol, PEG 4000, Dispersi padat, disolusi, FTIR.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 Nov 2018 09:08
Last Modified: 12 Nov 2018 09:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33866

Actions (login required)

View Item View Item