Kansei Engineering, Kano, & TRIZ for Logistics Service Excellence: Teori dan Aplikasi

Hartono, Markus and Santoso, Amelia and Tanugraha, Milka Benita and Prayogo, Dina Natalia and Kusumo, Argo Hadi (2018) Kansei Engineering, Kano, & TRIZ for Logistics Service Excellence: Teori dan Aplikasi. Graha Ilmu, Yogyakarta . ISBN 978-602-262-795-1

[thumbnail of Kansei Engineering_TRIZ_Kano di Industri Logistik.pdf]
Preview
PDF
Kansei Engineering_TRIZ_Kano di Industri Logistik.pdf

Download (752kB) | Preview
Official URL / DOI: https://grahailmu.id/product/kansei-engineering-ka...

Abstract

Penerapan Kansei Engineering (KE) di sektor layanan (services) khususnya layanan logistik masih terbilang sangat baru. Superioritas dari metode KE ini terletak pada kemampuannya menangkap dan menerjemahkan kebutuhan emosional pelanggan (disebut sebagai Kansei) ke dalam elemen-elemen rancangan layanan. Mengingat perkembangan sektor bisnis layanan logistik di Indonesia yang sangat pesat, penerapan metode KE ini sangatlah tepat dan tentunya mampu memberikan kontribusi praktis yang signifikan. Dengan mempertimbangkan kebutuhan laten dari pelanggan yang cenderung dominan pada kebutuhan dan kepuasan emosional daripada kebutuhan rasionalnya, KE mampu memantapkan posisinya sebagai pendekatan praktis bagi penyedia layanan logistik untuk menentukan atribut-atribut layanan logistik yang perlu diprioritaskan. Untuk memperkuat metodologi serta efisiensi dari penerapan KE, model Kano dan TRIZ (Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch) diintegrasikan ke metodologi KE tersebut. Model Kano mampu menyaring performa layanan ke dalam 3 kategori utama yaitu basic/must-be [M], one-dimensional/linear [O], dan attractive/delighter [A]. Dengan fokus pada kepuasan emosional pelanggan, KE sangat berfokus pada kategori Kano O dan A. Untuk membangkitkan ide-ide perbaikan layanan logistik secara berkesinambungan yang lebih efisien dan tidak menimbulkan kontradiksi, metode TRIZ diutilisasikan sebagai penguat metodologi KE. Dengan kata lain, hasil pengintegrasian beberapa metode tersebut akan digunakan untuk penentuan prioritas atribut layanan logistik mana saja yang akan diperbaiki yang menitikberatkan solusi inovatif yang meminimalkan potensi kontradiksi dan fokus pada kepuasan emosional pelanggan

Item Type: Book
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: ARGO HADI KUSUMO
Date Deposited: 24 Jan 2019 05:06
Last Modified: 07 Feb 2019 04:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33889

Actions (login required)

View Item View Item