Peran Gaya Berpikir Aktif Terbuka (Actively Open-Minded Thinking) dalam Memprediksi Kemampuan Pemecahan Masalah Secara Reflektif

Pertiwi, Agustine Karina Goldia (2018) Peran Gaya Berpikir Aktif Terbuka (Actively Open-Minded Thinking) dalam Memprediksi Kemampuan Pemecahan Masalah Secara Reflektif. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_480_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_480_Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/249706

Abstract

Dengan kemajuan teknologi dan informasi, informasi menjadi cepat dan mudah beredar. Terkadang kebenaran berita maupun informasi tersebut belum dapat diketahui namun sudah dipercaya oleh masyarakat umum, tak jarang masyarakat tertipu dengan hal tersebut dan bahkan dapat merugikannya. Dalam perkembangan dunia yang cepat berubah, peningkatan kemampuan sumber daya manusia diperlukan untuk beradaptasi dalam era globalisasi tersebut, termasuk dalam kemampuan berpikir kritis yang reflektif. Secara teoretis, kemampuan berpikir kritis dilandasi oleh sifat atau disposisi tertentu, seperti gaya berpikir yang aktif dan terbuka (Stanovich, 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya berpikir aktif terbuka memprediksi kemampuan berpikir kritis yang reflektif. Data penelitian ini diperoleh dari sebuah survei menggunakan angket yang berisi skala AOT (Actively Open-Minded Thinking) dan adaptasi tes CRT (Cognitive Reflection Test) untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dalam bentuk pemecahan masalah sederhana secara reflektif. Partisipan penelitian ini adalah 416 mahasiswa angkatan 2015 dan 2017 Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Uji korelasi non-parametrik (Spearman) menunjukkan adanya hubungan positif namun lemah antara gaya berpikir aktif terbuka dan kemampuan berpikir kriris yang reflektif (r=0,133; p= 0,003). Skripsi ini mendiskusikan beberapa kemungkinan lemahnya korelasi ini, termasuk kemungkinan terkait reliabilitas instrumen serta tingkat kesulitan yang kurang sesuai dengan kemampuan partisipan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar melakukan kontrol pada bias sosial di alat ukur skala AOT dan penyesuaian jenis dan tingkat kesulitan tes berpikir kritis.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, gaya berpikir aktif terbuka, Skala AOT, CRT, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 23 Nov 2018 03:26
Last Modified: 23 Nov 2018 03:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33921

Actions (login required)

View Item View Item