Bagaimana Membimbing Orangtua untuk Memahami Peran Pentingnya dan Melaksanakan Terapi Diet pada Anak Dengan Gangguan Hiperkinetik

Nanik, Nanik (2009) Bagaimana Membimbing Orangtua untuk Memahami Peran Pentingnya dan Melaksanakan Terapi Diet pada Anak Dengan Gangguan Hiperkinetik. In: Temu Ilmiah Nasional: Makalah / Poster TOWARDS THE HEALTH OF MIND, BODY, AND SOUL and WORKSHOP SOULDRAMA, 16-18 Nopember 2009, Balairung Universitas Kristen Satya Wacana.

[thumbnail of Bagaimana Membimbing Orang tua_Nanik.pdf]
Preview
PDF
Bagaimana Membimbing Orang tua_Nanik.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Feingold menyatakan bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan terjadinya atau meningkatkan perilaku hiperkinetik pada anak dengan gangguan hiperkinetik. Menurutnya ada dua kelompok makanan yang harus dihindari, yaitu : ( t) makanan mengandung sal i silat, (2) makanan mengandung zat aditif makanan (pengawet, pewama, dan perasa buatan). Printz, dkk. juga menyatakan bahwa konsumsi gula yang banyak dapat mempengaruhi timbulnya perilaku kasar-merusak pada anak dengan gangguan hiperkinetik. Penulis (2003) menyusun suatu modul pelatihan orang tua tentang terapi diet pada anak dengan gangguan hiperkinetik. Modul tersebut membimbing orangtua untuk dapat memahami (1) Peran terapi diet dalam penanganan gangguan perilaku hiperkinetik, (2) Pedoman diet terapi yang harus diterapkan secara bertahap, dan (3) Bagaimana memotivasi anak untuk bersedia mengikuti terapi diet dengan token ekonomi. Hasil penerapan yang dilakukan orangtua pada anak menunjukkan adanya penurunan perilaku hiperkinetik, seperti : impulsivitas, ledakan marah, dan emosi labil.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Gangguan hiperkinetik, modul, terapi diet
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:03
Last Modified: 27 Nov 2018 03:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33931

Actions (login required)

View Item View Item