Bagaimana Memahami Kesulitan Belajar dan Memberikan Stimulasi Kegiatan dan Permainan Edukatif pada Anak-anak dengan Gangguan Hiperkinetik di Usia TK - SD

Nanik, Nanik (2009) Bagaimana Memahami Kesulitan Belajar dan Memberikan Stimulasi Kegiatan dan Permainan Edukatif pada Anak-anak dengan Gangguan Hiperkinetik di Usia TK - SD. In: Temu Ilmiah Nasional: Makalah / Poster TOWARDS THE HEALTH OF MIND, BODY, AND SOUL and WORKSHOP SOULDRAMA, 16-18 Nopember 2009, Balairung Universitas Kristen Satya Wacana.

[thumbnail of Bagaimana Memahami Kesulitan Belajar_Nanik.pdf]
Preview
PDF
Bagaimana Memahami Kesulitan Belajar_Nanik.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak-anak dengan gangguan hiperkinetik (GH) biasanya akan mengalami kesulitan belajar yang dimulai di awal pendidikan TK/SD. Kebanyakan dari mereka mengalami satu atau bcberapa kesulitan belajar seperti dalam membaca, menulis, mengarang dan matematika. Penelusuran terhadap hasil tes inteligensi Wechsler Intelligence Children Scale (WISC) GH dari sepuluh anak laki-laki berusia 6 - 12 tahun menunjukkan ranking skor terendah mereka dimulai dari sub tes O ject Assembly, Picture Arrangement, IJ1formation. Comprehension, Digit Span, and Block Design. Interpretasi terhadap skor subtes-subtes tersebut mengacu pada referensi Glasser dan Zimmerman, Ogdon Sattler, dan Jose/Goewens menunjukkan bahwa mereka mengalami berbagai keterbatasan dalam perkembangan koordinasi visual-motor. organisasi persepsi visual, hubungan visual spasial dan bidang yang menyertainya, urutan, organisasi perencanaan, sensitivitas sosial dan efek dari ketidakpastian. Oleh karena itu stimulasi kegiatan dan permainan edukatif sejak dini perlu diberikan dalam kegiatan sehari-hari untuk meningkatkan ketrampilan koordinasi visual-motor, organisasi persepsi visual, hubungan visual spasial dan bidang yang menyertainya. urutan, organisasi perencanaan, sensitivitas sosial, dan efek dari ketidakpastian mereka sebagai antisipasi terhadap kesulitan belajar di sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, gangguan hiperkinetik, stimulasi kegiatan dan permainan edukatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:28
Last Modified: 27 Nov 2018 03:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33932

Actions (login required)

View Item View Item