Analisis Brand Equity dan Customer Equity terhadap Shampoo Sunsilk dan Pantene di Surabaya

., Metthawati (2006) Analisis Brand Equity dan Customer Equity terhadap Shampoo Sunsilk dan Pantene di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2580_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2580_Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135337

Abstract

Tersedianya produk dengan berbagai macam, bentuk, harga, kualitas serta merek menyebabkan semakin banyak pilihan yang tersedia bagi konsumen. Dengan semakin banyaknya produk-produk yang bermunculan di pasar maka persaingan antar perusahaan semakin ketat. Agar perusahaan dapat memenangkan persaingan, maka perusahaan harus mempunyai merek yang kuat dikenal oleh pelanggan dan pelanggan yang loyal. Untuk itu Sunsilk dan Pantene perlu mengetahui posisinya di pasar dengan cara mengukur ekuitas merek dan ekuitas pelanggan. Dengan demikian Sunsilk dan Pantene dapat menyusun strategi untuk mengelola kedua aset tersebut. Elemen-elemen ekuitas merek yang akan diteliti adalah kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, dan loyalitas merek. Sedangkan elemen-elemen ekuitas pelanggan yang akan diteliti adalah acquisition, retention, dan add on selling. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 200 responden yang pernah menggunakan shampoo merek Sunsilk dan Pantene. Data yang telah diperoleh dari kuesioner selanjutnya diolah untuk mengukur ekuitas merek dan ekuitas pelanggan dari Sunsilk dan Pantene. Dari basil kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan uji validitas konvergen dan uji reliabilitas guna mengetahui apakah variabel-variabel dalam kuesioner sudah valid dan reliabel. Selain itu juga dilakukan uji validitas diskriminan untuk mengetahui apakah ada korelasi antar variabe1-variabel yang ada dalam kuesioner. Analisis deskriptif dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik demografi responden. Analisis crosstabs dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya ketergantungan antara latar belakang responden dengan pemilihan shampoo merek Sunsilk dan Pantene. Analisis manova juga dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata dari variabel-variabel yang digunakan sebagai dasar pengukuran pada Sunsilk dan Pantene. Rancangan scorecard digunakan untuk mengukur serta membandingkan ekuitas merek dan ekuitas pelanggan kedua merek shampoo tersebut. Skor yang digunakan pada perhitungan scorecard adalah antara skor 1 hingga 3, dimana skor 1 berarti penilaian responden terhadap produk kurang baik, skor 2 berarti penilaian responden terhadap produk cukup baik, dan skor 3 berarti penilaian responden terhadap produk sudah baik. Dari basil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa untuk ekuitas merek, Pantene memegang posisi yang lebih tinggi daripada Sunsilk pada variabel kesadaran merek (2.5 vs 2), Sunsilk memegang posisi yang lebih tinggi daripada Pantene pada variabel asosiasi merek (2. 75 vs 2.625), sedangkan pada variabel kesan kualitas dan loyalitas merek, Sunsilk dan Pantene memiliki skor yang sama. Pada ekuitas pelanggan, Pantene memegang posisi yang lebih tinggi daripada Sunsilk pada semua variabel yaitu acquisition (2.5 vs 2.25), retention (2.25 vs 2), dan add on selling (2.67 vs 2). Kriteria pengukuran yang ditetapkan untuk ekuitas produk adalah tergolong rendah jika berada di antara 1.00-1.67, tergolong cukup jika berada di antara 1.671-2.34, dan tergolong tinggi jika berada di antara 2.341-3.00. Dari basil pengo1ahan data, diperoleh bahwa ekuitas merek shampoo Sunsilk dan Pantene tergolong tinggi yaitu sebesar 2.4106 dan 2.5043 . . Sedangkan untuk ekuitas pelanggan, shampoo Pantene memiliki skor yang lebih tinggi daripada shampoo Sunsilk (2.4012 vs 2.0677). Secara keseluruhan, ekuitas produk shampoo Pantene lebih tinggi daripada shampoo Sunsilk (2.4528 vs 2.2392). Dari analisis ini dapat diketahui kelemahan dan keunggulan dari kedua merek shampoo tersebut. Dengan mengetahui kelemahan yang ada maka dapat disusun strategi perbaikan untuk mengelola dan meningkatkan ekuitas merek dan ekuitas pelanggan dari kedua merek shampoo tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 14 Jan 2019 00:45
Last Modified: 14 Jan 2019 00:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34110

Actions (login required)

View Item View Item