PENGARUH KAPASITAS ABSORPTIF DAN SITUS JEJARING SOSIAL TERHADAP KINERJA INOVASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA

Kusumawardhany, Prita Ayu (2018) PENGARUH KAPASITAS ABSORPTIF DAN SITUS JEJARING SOSIAL TERHADAP KINERJA INOVASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 11 (1). pp. 71-88. ISSN 1979-3650 (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
JMTT_Entrepreneurial Opportunity_Full Paper_Prita.pdf - Published Version

Download (549Kb) | Preview
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/JMTT/article/view/10...

Abstract

Persaingan global di era digital saat ini mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia untuk mengembangkan inovasi agar dapat memberikan keunggulan bersaing. UMKM harus mampu bersikap adaptif untuk dapat menyerap pengetahuan khususnya di bidang teknologi. Penggunaan situs jejaring sosial dapat menyediakan banyak informasi tentang individu dan jaringan yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan relevansi dari kapasitas absorptif dan peran situs jejaring sosial terhadap inovasi yang dilakukan UMKM. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif melalui metode survey yang diolah menggunakan Partial Least Square (PLS) – Path Modelling yang mengukur hubungan kapasitas absorptif, situs jejaring sosial dengan kinerja inovasi. Seratus (100) Kuesioner telah disebarkan pada pelaku UMKM di Indonesia. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas absorptif yang dimiliki UMKM melalui situs jejaring sosial dapat meningkatkan kinerja inovasi. Oleh karena itu, beberapa rekomendasi diperlukan agar UMKM di Indonesia mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk dapat memperkuat kinerja inovasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kapasitas Absorptif, situs jejaring sosial, kinerja i novasi, UMKM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: PRITA AYU KUSUMAWARDHANY
Date Deposited: 22 Jan 2019 07:27
Last Modified: 22 Jan 2019 08:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34157

Actions (login required)

View Item View Item