Juliana, Joice Ruth and Asmawati, Endah (2009) Metode Belajar Semi-Mandiri Berbasis Kombinasi Belajar Individu dan Kerja Kelompok Dalam Praktikum dan Teori. In: Prosiding seminar nasional matematika, Jember 28 Pebruari 2009. Fakultas MIPA Universitas Jember, Jember, pp. 911-918. ISBN 979-8176-66-9
Preview |
PDF
PROSIDING Semnas jember 2009 JoEn.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pada tulisan ini didiskusikan inovasi pembelajaran mata kuliah Kalkulus Lanjut untuk kelas mengulang. Fakta yang dimiliki adalah mahasiswa pada kelas ini sudah mengetahui dan mempelajari materi yang ada, tetapi mereka telah gagal dalam pemahaman sehingga gagal lulus. Melalui inovasi pembelajaran yang diterapkan, diharapkan mahasiswa ini tidak mengulang lagi, mereka dapat langsung lulus dengan tingkat pemahaman yang minimal cukup dan mereka menikmati perkuliahan yang ada. Inovasi pembelajaran yang diterapkan dan diteliti ini meliputi diagnosa konsep dasar, laporan kerja individu yang disertai kolom diskusi kesulitan mahasiswa, penjelasan dosen berdasar laporan kerja dan kolom diskusi, kerja kelompok dalam praktikum dan teori, serta tes berkala. Pada tulisan ini dipaparkan secara detail mengenai pengertian dan pelaksanaan setiap bagian dari inovasi ini, pendapat mahasiswa terhadap metode ini, nilai yang dicapai mahasiswa dan temuan-temuan baru dalam proses pelaksanaan yang menarik untuk ditindak lanjuti.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | semi-mandiri, belajar individu, kerja kelompok praktek dan teori, kelas mengulang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Academic Department > Department of Mathematics and Natural Science |
Depositing User: | Endah Asmawati 61113 |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 04:49 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 16:00 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34266 |
Actions (login required)
View Item |