Asmawati, Endah and Juliana, Joice Ruth (2011) Peningkatan Pemahaman Kalkulus Melalui Eksperimen. In: PROSIDING Konferensi Nasional Sains danAplikasinya 2011: Salns untrrh Kemastahatan Umat. Fakultas Matematika dan IImu Pengetahuan Alam Universitas Islam Bandung, Bandung, pp. 205-210. ISBN 97 8-602-19356-0-6
Preview |
PDF
Prosiding KNSA 2011.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Bagi sebagian mahasiswa, khususnya di Fakultas Teknik, kalkulus merupakan matakuliah yang dianggap cukup sulit, padahal mata kuliah ini amat penting bagi mereka. Hal ini mengakibatkan ada beberapa mahasiswa yang harus mengulang mata kuliah ini. Untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman tentang materi kalkulus, maka dilakukan inovasi dengan mengajak mahasiswa melakukan eksperimen (dengan menggunakan benda-benda yang setiap hari sering dijumpai). Pada tulisan ini dipaparkan bentuk kegiatan dan hasil dari kelas eksperimen pada materi fungsi dan penggunaan turunan. Sebelum masuk kelas eksperimen, mahasiswa diberikan teori dan latihan soal tentang materi tersebut pada pertemuan sebelumnya di kelas regular. Kemudian pada kelas eksperimen, dibentuk kelompok-kelompok kecil dimana setiap kelompok mendapatkan lembar kerja. Disini setiap kelompok harus memprediksi, melakukan eksperimen, menghitung dengan teori yang sudah dipelajari dan terakhir membandingkan keduanya. Dari hasil nilai tengah semester, diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman mahasiswa dengan adanya kelas eksperimen ini.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | eksperimen, fungsi, penggunaan turunan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Academic Department > Department of Mathematics and Natural Science |
Depositing User: | Endah Asmawati 61113 |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 03:10 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 16:00 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34290 |
Actions (login required)
View Item |