LAPORAN PENELITIAN KOMPETITIF PENELITIAN DASAR: Karakterisasi dan Reinfeksi Bakteri Endofit yang Diisolasi dari Jaringan Daun Avicennia marina

Savitri, Wina Dian (2017) LAPORAN PENELITIAN KOMPETITIF PENELITIAN DASAR: Karakterisasi dan Reinfeksi Bakteri Endofit yang Diisolasi dari Jaringan Daun Avicennia marina. Project Report. Universitas Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
ilovepdf_merged.pdf

Download (953Kb) | Preview

Abstract

Pada penelitian sebelumnya kami berhasil mengisolasi 3 isolat bakteri endofit dari jaringan daun tanaman mangrove Avicennia marina. Ketiga isolat endofit ini telah melalui tahap uji morfologi makroskopis dan mikroskopis serta uji biokimia. Uji biokimia berdasarkan Bergey’s manual of determinative bacteriology mengarahkan pada tiga spesies terduga yaitu Bacillus megaterium, Corynebacterium kutscheri dan Shigella sonnei atau Yersinia pestis. Penelitian kali ini bermaksud untuk membandingkan hasil identifikasi biokimia yang telah dilakukan dengan urutan DNA 16S-nya dengan teknik sekuensing. Hasil sekuensing menunjukkan bahwa ketiga isolat merupakan Bacillus subtilis dengan strain yang berbeda-beda. Hal ini tidak sesuai dengan uji biokimia yang dilakukan sebelumnya. Uji antimikroba dilakukan untuk melihat ketahanan bakteri terhadap beberapa jenis dan konsentrasi antibiotik. Antibiotik tetrasiklin dengan konsentrasi 30 mikrogram dapat menghambat pertumbuhan ketiga isolat yang ditunjukkan dengan halo/ zona bening di sekitar kertas cakram. Uji interaksi antar isolat menunjukkan bahwa ketiganya tidak saling merugikan, namun belum diketahui apakah saling menguntungkan. Bakteri endofit yang diinfeksikan kembali ke dalam tumbuhan dengan metode suntik tidak berhasil menunjukkan apapun pada inang. Tampaknya ketiga isolat tidak berhasil masuk ke dalam inang dengan metode suntik. Faktor barier fisik dan kimia dari tanaman inang diduga menjadi sebab terjadinya hal ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Bacillussubtilis,tetrasiklin,interaksibakteri,metodesuntik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Technobiology > Department of Biology
Depositing User: WINA DIAN SAVITRI
Date Deposited: 08 Feb 2019 05:54
Last Modified: 08 Feb 2019 05:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34304

Actions (login required)

View Item View Item