LAPORAN AKHIR PENELITIAN KOMPETITIF PENELITIAN DASAR: Pembungaan dan Pembuahan In Vitro Tanaman Tomat (Lycopersicon esculentum Mill.)

Savitri, Wina Dian (2016) LAPORAN AKHIR PENELITIAN KOMPETITIF PENELITIAN DASAR: Pembungaan dan Pembuahan In Vitro Tanaman Tomat (Lycopersicon esculentum Mill.). Project Report. Universitas Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
laporan akhir PK 2016-pembungaan dan pembuahan in vitro.pdf

Download (682Kb) | Preview

Abstract

Tomat adalah tanaman sayur dan buah yang memiliki nilai ekonomis tinggi di seluruh dunia. Pembudidayaan tomat yang efektif dan efisien sangat diperlukan mengingat permintaan akan tomat sangat besar dan ketersediaannya yang belum mampu mencukupi permintaan konsumen. Pembungaan dan pembuahan tomat secara in vitro bermanfaat dalam memproduksi biji hibrid yang berkualitas tinggi dan dapat diproduksi di segala musim. Selain itu, teknik ini juga berfungsi untuk meningkatkan keragaman genetik pada tomat. Tambahan lagi, tomat memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya cocok sebagai tanaman model. Penelitian ini bermaksud untuk menemukan protokol yang standar untuk menginduksi pembungaan dan pembuahan dari tanaman tomat. Protokol yang dihasilkan akan bermanfaat sebagai pembelajaran mahasiswa dalam Praktikum Kultur Jaringan Tanaman. Selama ini, praktikum ini belum pernah dilakukan di Fakultas Teknobiologi Ubaya. Penelitian ini mencobakan beberapa zat pengatur tumbuh dan zat pelambat pertumbuhan untuk menemukan protokol yang paling baik untuk induksi pembungaan dan pembuahan secara in vitro

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Technobiology > Department of Biology
Depositing User: WINA DIAN SAVITRI
Date Deposited: 08 Feb 2019 05:49
Last Modified: 08 Feb 2019 05:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34307

Actions (login required)

View Item View Item