LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING: INISIASI DAN ENKAPSULASI PROTOCORM-LIKE BODIES (PLBs) ANGGREK Vanda tricolor var. pallida

Hardjo, Popy Hartatie and Savitri, Wina Dian (2016) LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING: INISIASI DAN ENKAPSULASI PROTOCORM-LIKE BODIES (PLBs) ANGGREK Vanda tricolor var. pallida. Project Report. Universitas Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
laporan akhir HB Vanda 2016.pdf

Download (718Kb) | Preview

Abstract

Anggrek Vanda tricolor adalah salah satu jenis anggrek Vanda yang hampir punah keberadaannya. Teknologi kultur jaringan telah menjadi cara perbanyakan tanaman anggrek yang umum digunakan untuk menghasilkan bibit berkualitas dalam jumlah besar, seragam dan tidak terbatas musim. Perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan dapat ditempuh melalui dua jalur, yaitu organogenesis dan embriogenesis somatik. Jalur embriogenesis somatik lebih menguntungkan karena bibit berasal dari satu sel somatik sehingga bibit yang dihasilkan lebih banyak dibanding melalui jalur organogenesis dan identik dengan tanaman induk. Selain itu jalur embriogenesis somatik digunakan untuk pengembangan tanaman anggrek transgenik. Embriogenesis somatik dapat terjadi secara langsung melalui pembentukan embrio dari eksplan, dan secara tidak langsung melalui pembentukan fase kalus. Zat pengatur tumbuh tanaman berperan penting dalam mengontrol proses biologi dalam jaringan tanaman. Jenis dan konsentrasi zat pengatur tumbuh yang dibutuhkan tergantung pada tahapan dalam perkembangan pembentukan embrio somatik. Tahapan dalam embriogenesis somatik adalah induksi kalus embriogenik dan atau embrio somatik, pendewasaan embrio, perkecambahan, dan bibit. Setiap tahapan membutuhkan kombinasi auksin dan sitokinin yang berbeda. Embrio somatik pada anggrek telah terbukti memiliki struktur yang sama dengan Protocorm-like bodies (PLBs), sehingga dikenal juga dengan sebutan PLBs. Penelitian tahun pertama dimulai dengan inisiasi kalus dan atau PLBs dari 3 macam eksplan yaitu daun, ujung akar dan nodus batang yang mengandung meristem pada berbagai kombinasi zat pengatur tumbuh auksin dan sitokinin, kemudian jika terbentuk kalus maka diarahkan perkembangan kalus membentuk PLBs dan juga proliferasi PLBs pada kombinasi zat pengatur tumbuh yang berbeda dari tahap sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan metode dan formula kombinasi zat pengatur tumbuh yang tepat untuk perbanyakan tanaman anggrek melalui jalur embriogenesis somatik dengan cara induksi dan proliferasi PLBs. Pembentukan PLBs langsung dari eksplan nodus batang yang mengandung meristem terjadi pada medium ½Murashige-Skoog (½MS) yang mengandung 1% sukrosa dengan penambahan 1,0 ppm naphthalene acetic acid (NAA) + 0,5 ppm 6-Benzylaminopurine (BAP). Proliferasi PLBs Vanda tricolor Lindl. var. pallida terbaik pada medium MS dengan penambahan 1.0 ppm NAA dan 0.2 ppm TDZ, dilanjutkan dengan regenerasi PLBs membentuk tunas in vitro pada medium ½ MS tanpa zpt.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: embriogenesis somatik, protocorm-like bodies(PLBs), anggrek Vanda tricolor Lindl. var. pallida
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Technobiology > Department of Biology
Depositing User: WINA DIAN SAVITRI
Date Deposited: 08 Feb 2019 05:45
Last Modified: 08 Feb 2019 05:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34308

Actions (login required)

View Item View Item