Perbedaan Minat Baca Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua dalam Belajar dan Tingkat Sosial Ekonomi

Ayuwati, Krisna Dewi (2007) Perbedaan Minat Baca Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua dalam Belajar dan Tingkat Sosial Ekonomi. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_297_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_297_Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151844

Abstract

Upaya yang diberikan orangtua dalam kegiatan belajar anak yang disebut sebagai dukungan sosial terutama difokuskan dalam bentuk dukungan instrumental yang berbeda pada setiap keluarga, yang disebabkan perbedaan kemampuan ekonomi-sosial. Bagi keluarga yang memiliki tingkat ekonomi dan sosial yang tergolong tinggi akan berbeda dalam memberikan dukungan sosial pada anak-anaknya dalam hal kegiatan belajar, terutama fasilitas-fasilitas belajar. Begitu juga sebaliknya, keluarga dari tingkat ekonomi sosial yang rendah, orangtua lebih rentan terhadap stres karena tuntutan ekonomi dan beban ekonomi serta kebutuhan yang banyak mengganggu pikiran sehingga orangtua menjadi acuh tak acuh terhadap pendidikan anaknya yang pada akhirnya anak menjadi malas untuk membaca buku-buku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan minat membaca ditinjau dari dukungan sosial orangtua dan tingkat sosial-ekonomi keluarga. Penelitian yang mengambil 36 subjek melalui quota sampling, mengkaji perbedaan dukungan sosial dengan minat membaca pada siswa dalam tinjauan status ekonomi orangtua. Hasil uji analisis varian (Anava) diperoleh nilai F = 2.298 dengan nilai probabilitas atau p = 0.062 (p>0.05) yang menunjukkan tidak ada perbedaan minat baca ditinjau dari dukungan sosial orangtua dan status sosial-ekonomi keluarga. Subjek yang memiliki minat membaca yang tinggi karena didukung oleh faktor institusional, yaitu adanya fasilitas perpustakaan. Perpustakaan memberi dorongan membaca karena subjek merasa bahwa buku-buku yang terdapat di perpustakaan menarik dan subjek merasa nyaman berada di ruang perpustakan. Subjek juga memiliki alasan membaca yaitu untuk menambah ilmu pengatahuan, dan hal ini didorong oleh motivasi belajar yang bersifat intrinsik. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk mempertahankan kondisi perpustakaan dan menambah koleksi buku-buku dan lebih memacu minat membaca pada siswanya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, minat baca, dan status sosial ekonomi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:38
Last Modified: 21 Mar 2019 04:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34530

Actions (login required)

View Item View Item