Perancangan Pedoman Corporate Social Responsibility Sesuai Standar ISO 26000:2010 di Universitas Surabaya

Monica, Verren (2018) Perancangan Pedoman Corporate Social Responsibility Sesuai Standar ISO 26000:2010 di Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4148_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_4148_Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/252345

Abstract

Universitas Surabaya bergerak di bidang jasa layanan tridharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam mewujudkan tridharma perguruan tinggi, salah satu hal yang dilakukan adalah melalui pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial. Pelaksanaan tanggung jawab sosial Universitas Surabaya sudah cukup baik namun, belum didasari oleh standar ISO 26000:2010 tentang Pedoman Tanggung Jawab Sosial. Standar ini dapat membantu universitas agar pelaksanaan tanggung jawab sosialnya sesuai dengan standar internasional, lebih terstruktur dan terencana serta memperkuat image baik di mata masyarakat. Praktik penerapan ISO 26000:2010 ditafsirkan secara berbeda-beda oleh organisasi atau perushaan. Praktik tersebut dapat menjadi rujukan/acuan rancangan perbaikan dan pedoman tanggung jawab sosial bagi universitas. Tujuan penelitian ini adalah menentukan implikasi praktis dari penerapan ISO 26000:2010 melalui studi literatur, menganalisis gap antara tanggung jawab sosial yang dilakukan universitas dengan persyaratan ISO 26000:2010, dan merancang pedoman corporate social responsibility untuk Universitas Surabaya. Langkah-langkah penelitian dimulai dari (1) pengamatan awal melalui wawancara kepada pihak universitas terkait kondisi tanggung jawab sosial universitas saat ini, (2) perumusan masalah dan tujuan penelitian, (3) penetapan landasan teori yang sesuai, (4) studi literatur untuk mementukan implikasi praktis dari penerapan ISO 26000 dengan menggunakan sustainability report perusahaan yang menerapkan ISO 26000 yaitu Pertamina, PT. Pupuk Kaltim, dan Bio Farma serta Tugas Akhir yang telah ada sebelumnya terkait ISO 26000 di PT. Indah Kiat Pulp and Paper, (5) wawancara kepada unit/divisi terkait di Universitas Surabaya untuk melakukan identifikasi dan analisis gap, (6) analisis klausul dan membuat urutan prioritas rancangan perbaikan, (7) merancang pedoman tanggung jawab sosial, dan (8) pembuatan kesimpulan serta saran. Dari studi literatur yang dilakukan, diperoleh gambaran penerapan setiap klausul ISO 26000 secara garis besar dan dari hasil identifikasi gap diperoleh bahwa dari 187 persyaratan ISO 26000, Universitas Surabaya telah memenuhi 173 persyaratan (92.5%), 6 persyaratan (3.2%) dinyatakan sesuai sebagian, dan 8 persyaratan (4.3%) dinyatakan tidak sesuai. Selain itu dari hasil pengumpulan data diketahui bahwa prinsip pelaksanaan tanggung jawab sosial universitas telah sesuai dengan prinsip tanggung jawab sosial ISO 26000 dan universitas telah memenuhi seluruh isu-isu terkait core subject organizational governance, human rights, labour practices, consumer issues, dan community involvement and development sedangkan untuk isu terkait core subject the environment dan fair operating practices baru terpenuhi sebagian. Hasil penelitian ini berupa manual tanggung jawab sosial dan urutan prioritas rancangan perbaikan untuk membantu mengarahkan universitas menghilangkan gap yang ada dan mengatasi isu terkait core subject the environment dan fair operating practices. Rancangan perbaikan yang dibuat meliputi (1) arahan untuk membuat SOP dan form penyerahan limbah B3 kepada pihak ketiga, (2) arahan untuk melakukan identifikasi emisi gas rumah kaca yang beberapa diantaranya telah diidentifikasi sebagai contoh dalam penelitian ini, (3) arahan untuk melakukan identifikasi realisasi program/pedoman terhadap 7 core subject yang beberapa realisasinya telah diidentifikasi dalam penelitian ini dan mendapatkan perkiraan hasil persentase pelaksanaan 7 core subject sebelum dilakukan perbaikan adalah sebesar 2% pelaksanaan core subject organizational governance, 20% human rights, 22% labour practices, 5% the environment, 17% fair operating practices, 12% consumer issues, dan 22% community involvement and development, (4) identifikasi dan mengkaji program insentif, (5) arahan untuk mengkaji dan menambahkan persyaratan yang harus dipenuhi supplier, (6) membuat dan mencantumkan kebijakan terkait core subject ke dalam pedoman tanggung jawab sosial, dan (7) identifikasi dan penyeseuaian peraturan undang-undang sebagai acuan tanggung jawab sosial.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, ISO 26000:2010, Universitas Surabaya, 7 Core Subjects.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Apr 2019 04:29
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34656

Actions (login required)

View Item View Item