Analisis Perilaku Konsumen untuk Menunjang Strategi Pemasaran di Sekolah Desain Susan Budihardjo Surabaya

Suryanto, Bobby (2007) Analisis Perilaku Konsumen untuk Menunjang Strategi Pemasaran di Sekolah Desain Susan Budihardjo Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2886_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2886_Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135147

Abstract

Sekolah Design Susan Budihardjo didirikan pada tahun 1980. Nama Susan Budihardjo diambil dari nama pendirinya sendiri. Sekolah Design Susan Budihardjo pertama kali didirikan di Jakarta. Karena kesuksessanya itu, maka Susan Budihardjo mendirikan beberapa sekolah lagi di berbagai tempat yaitu di : Surabaya, Bali, Semarang, dan Bandung. Disini penulis memfokuskan Sekolah Design Susan Budihardjo yang berlokasi di Kota Surabaya. Sekolah Design Susan Budihardjo yang ada di Surabaya tepatnya di Jalan Pucang Anom pada awalnya berjalan lancar, tetapi pada pertengahan tahun 2005 memiliki masalah intern yang cukup serius sehingga menyebabkan Sekolah Design tersebut harus ditutup sementara dan dipindah tangankan. Setelah merundingkan masalah tersebut maka Sekolah Susan Budihardjo dibuka kembali pada akhir tahun 2005 di Jalan Raya Gubeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dari murid Susan Budihardjo, mengetahui dan menganalisis segmentasi berdasarkan gaya hidup dari murid Susan Budihardjo, mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan dalam pola kursus di Susan Budihardjo, memberikan usulan perbaikan strategi pemasaran pada pihak Susan Budihardjo. Penulis melakukan penelitian awal dengan menyebarkan kuesioner pada murid Susan Budihardjo. Dengan menggunakan analisis deskriptif diketahui mayoritas murid Susan Budihardjo berusia 21 – 30 tahun (44%), memiliki penghasilan Rp.2.000.001 – Rp.3.000.000,- (31%), pekerjaan murid mayoritas pelajar / mahasiswa (47%) dan surat kabar yang paling sering dibaca adalah Jawa Post (43%). Gaya hidup yang didapatkan dengan melihat frekuensi gaya hidup adalah gaya hidup Achievemenet Factor (39%) dan High Profile (53%). Berdasarkan analisis kuadran diketahui variabel yang memiliki tingkat kepentingan tinggi dan tingkat kepuasan tinggi adalah pembaharuan materi (mean 3.87), lokasi strategis (mean 3.70), metode pengajaran (mean 4.07), fasilitas lengkap (mean 2.90), pelayanan yang baik (mean 3.13), karyawan bersikap ramah dan sopan (mean 3.17), pengadaan perlombaan di taraf nasional (mean 3.17), harga sesuai dengan materi yang diberikan (mean 3.50), variabel – variabel tersebut merupakan kelebihan dari Susan Budiardjo. Sedangkan variabel yang memiliki tingkat kepentingan tinggi tetapi memiliki tingkat kepuasan rendah adalah tersedianya kantin atau cafe (mean 2.27), pemasangan papan petunjuk disekitar jalan yang mengakses ke tempat kursus (mean 1.50), pemasangan iklan di media cetak (mean 2.00), adanya pameran hasil karya murid (mean 1.03), pemberian beasiswa bagi pemenang lomba (mean 1.03) variabel – variabel tersebut merupakan kelemahan dari Susan Budihardjo. Dengan menggunakan analisis crosstabs diketahui bahwa hasil Significance Value dan Persentase sel yang nilainya kurang dari 5 hasilnya tidak significant. Dari hasil analisis yang didapat, maka strategi pemasaran berdasarkan STPD dan 8P sebagai berikut : untuk segmentasi, Susan Budihardjo mengutamakan gaya hidup Achievement Factor (39 %) dan High Profile (53%) dan hasil deskriptifnya adalah memiliki penghasilan Rp.2.000.001 – Rp.3.000.000,- (31%), mayoritas berjenis kelamin wanita yaitu sebanyak ( 63% ). Untuk targetingnya konsumen relatif berusia 21 tahun hingga usia 30 tahun, memiliki pekerjaan sebagai pelajar dan mahasiswa. Positioning untuk kelebihan Susan Budihardjo : pembaharuan materi, lokasi strategis, metode pengajaran, metode pengajaran, fasilitas lengkap, pelayanan baik, karyawan bersikap ramah dan sopan, pengadaan perlombaan di taraf nasional, harga sesuai materi yang diberikan. Kelemahan Susan Budihardjo : memiliki kantin atau cafe, pemasangan papan petunjuk di sekitar jalan yang mengakses ke tempat kursus, pemasangan iklan di media cetak, adanya pameran hasil karya murid, pemberian beasiswa bagi pemenang lomba. Untuk Diferensiasi dari Susan Budihardjo adalah pembaharuan materi, metode pengajaran, fasilitas yang lengkap, pelayanan yang baik, harga kursus.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:12
Last Modified: 12 Apr 2019 03:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34683

Actions (login required)

View Item View Item