Nurdin, Chitara Dyea Aghizta (2018) Perkembangan dan Strategi Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Batik Fashion di Solo 2018 (Studi Kasus Batik Bule Bule dan Batik Dayoni). [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
SP_2014_Abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Batik merupakan salah satu produk budaya Indonesia yang sangat unik dan kekayaan yang harus selalu dillestarikan dan dibudidayakan. Batik yang merupakan salah satu dalam produk di industri pengolahan, dimana industri pengolahan sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satu dari Industri pengolahan yaitu IKM Batik Fashion yang berada di Solo. Hanya saja, IKM Batik fashion di Solo masih banyak memiliki kendala dalam hal pemasaran, modal, serta persaingan dengan perusahaan batik lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi perkembangan IKM batik di Solo dan menyusun strategi-strategi apa yang dapat diterapkan oleh pelaku industri batik di Solo agar produknya dapat bersaingan dalam pasar lokal maupun internasional. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka strategi yang tepat untuk mengembangkan IKM Batik Fashion adalah (1) pemasaran produk melalui media sosial dan event fashion show; (2) mengajukan proposal kepada pemerintah; (3) memasarkan tidak hanya di lingkup kota Solo saja melainkan ke seluruh Indonesia.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IKM Batik Fashion, Analisis SWOT, Strategi Pengembangan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Economic |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 20 Jun 2019 07:24 |
Last Modified: | 20 Jun 2019 07:24 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34895 |
Actions (login required)
View Item |