Evaluasi Layanan Pemberian Pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Bagi Nasabah Oleh Bank Muamalat Kota Sorong

Tama, Puguh Setya (2018) Evaluasi Layanan Pemberian Pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Bagi Nasabah Oleh Bank Muamalat Kota Sorong. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_4446_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_4446_Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/253751

Abstract

Akuntansi syariah memiliki berbagai jenis pembiayaan yang ada. Salah satu pembiayaan yang banyak diminati adalah pembiayaan KPR. KPR banyak diminati karena dapat memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal khususnya di derah timur Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembiayaan KPR pada bank syariah terhadap nasabah khususnya non muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi struktur dengan teknik snow ball sampling, observasi dan dokumentasi. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Muamalat Cabang Kota Sorong khususnya Kepala Cabang Bapak Su dan Kepala Unit Cabang Pembantu Bapak Pan serta nasabah bank yang melakukan transaksi khususnya pembiayaan KPR terdiri dari 2 muslim dan 4 non muslim. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa kriteria nasabah memilih bank syariah pada utamanya yaitu karena pelayanan yang baik dan margin yang kecil. Hal ini dibuktikan dengan persentase yang dikenakan bank syariah lebih kecil daripada bank konvensional serta uang muka yang diberikan lebih kecil. Bank syariah secara keseluruhan dapat memenuhi asas universal karena mampu menampung semua golongan masyarakat. Untuk realisasi pemberian KPR, bank harus melakukan beberapa pertimbangan sebelumnya seperti menilai karakteristik nasabah itu sendiri, melihat track record nasabah sebelumnya. Namun masih ada beberapa nasabah yang melakukan kredit macet dan diragukan. Alasan yang sering disebutkan yaitu adanya keperluan mendadak sehingga terpaksa belum bisa membayar. Selain itu nasabah juga banyak yang tidak memiliki iktikad baik seperti tanpa sengaja menunda dan menghindar jika ditagih. Bank juga memiliki beberapa permasalahan yaitu tentang margin. Masih ada beberapa nasabah yang bingung dengan perhitungan margin serta nasabah juga bingung dengan perbedaan margin dan bunga pada bank syariah. Pengendalian yang bisa dilakukan oleh pihak bank antara lain memberikan surat teguran, menurunkan tingkat margin, memberikan SP dan juga denda. Namun denda harus dikenakan bagi nasabah yang mampu namun dengan sengaja menunda pembayaran dan denda ini bersifat untuk mendisiplinkan nasabah. Pihak bank juga harus memberikan penjelasan yang jelas pada saat akad berlangsung dan ditunjukkan perhiitungannya kepada nasabah.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan KPR, bank syariah, nasabah, margin dan Kota Sorong
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 20 Jun 2019 07:38
Last Modified: 20 Jun 2019 07:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34896

Actions (login required)

View Item View Item