Uji Ekstrak Air Kulit Kacang Tanah (archis hypoge L.) terhadap Tikus Putih Jantan (Rattus norweigicus) Hiperkolesterolemia Akibat Induksi Eksogen (Lemak Sapi) Dan Induksi Endogen (Propil Tiourasil)

Arifin, Reny Pudjiastutik Miftahol (1999) Uji Ekstrak Air Kulit Kacang Tanah (archis hypoge L.) terhadap Tikus Putih Jantan (Rattus norweigicus) Hiperkolesterolemia Akibat Induksi Eksogen (Lemak Sapi) Dan Induksi Endogen (Propil Tiourasil). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_759_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_759_Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151125

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah ekstrak air kulit kacang tanah (Arachis hypogea Linn) mempunyai efek antihiperkolesterolemia yang pada akhimya diharapkan dapat dijadikan obat altematif sebagai obat tradisional untuk pengobatan aterosklerosis yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Diteliti pengaruh perbedaan konsentrasi ekstrak air kulit kacang tanah kadar 40% (dosis 4 g/kg BB), kadar 60% (dosis 6 g/kg BB) dan kadar 80% (dosis 8 g I kg BB) terhadap efek yang ditimbulkan dan dibandingkan dengan pemberian kolestiramin dosis 1,35 glkg BB yang merupakan obat penurun kolesterol. Sebagai hewan coba digunakan 15 ekor tikus putih jantan galur wistar yang dibagi dalam 5 kelompok perlakuan. Hewan coba kemudian diinduksi peningkatan kolesterolnya secara eksogen dengan pemberian minyak sapi 2 mll 200 g BB I hari per oral dan diinduksi secara endogen dengan pemberian propiltiourasil 0,01 %. Penentuan kadar kolesterol (Kolesterol total, HDL-kolesterol) darah tikus dilakukan dengan metode enzimatis. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ekstrak air kulit kacang tanah (Arachis hypogea Linn) dengan kadar 40 %, 60 %, dan 80 % temyata mampu menurunkan kelebihan kolesterol darah tikus dan mempunyai efek yang sama dengan kolestiramin sebagai obat penurun kolesterol. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa perbedaan konsentrasi ekstrak air kulit kacang tanah kadar 40%, 60% dan 80% tidak berpengaruh terhadap efek yang ditimbulkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 27 Jun 2019 05:47
Last Modified: 27 Jun 2019 05:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34919

Actions (login required)

View Item View Item