The Effect of Objective Pricing Tactic Persuasion Knowledge Experience With Pricing Tactics and Age, on Carrefour Customers Subjective Pricing Tactic Persuasion Knowledge

Paohanto, Lucky and Margaretha, Silvia and Anandya, Dudi (2013) The Effect of Objective Pricing Tactic Persuasion Knowledge Experience With Pricing Tactics and Age, on Carrefour Customers Subjective Pricing Tactic Persuasion Knowledge. Proceeding Seminar Nasional V Manajemen dan Rekayasa Kualitas: Peran Standar Rekayasa, dan Otomasi dalam Kualitas untuk Memperkuat Daya Saing Industri. D5-1-D5-12. ISSN 1907-0470

[thumbnail of Silvia Margaretha_The Effect of Objective Pricing Tactic Persiasion_SEMINAR NASIONAL V MANAJEMEN DAN REKAYASA KUALITAS_2013.pdf]
Preview
PDF
Silvia Margaretha_The Effect of Objective Pricing Tactic Persiasion_SEMINAR NASIONAL V MANAJEMEN DAN REKAYASA KUALITAS_2013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri ritel di Indonesia, khususnya Hypermarket bertumbuh sangat pesat. Berbagai Hypermarket menerapkan bermacam-macam taktik penetapan harga, dimana hal ini berdampak pada pengetahuan dan pengalaman konsumen terkait dengan taktik penetapan harga tersebut. Secara konseptual, pengetahuan konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga terbagi menjadi 2, yaitu pengetahuan objektif dan pengetahuan subjektif. Pengetahuan objektif mencerminkan pengetahuan konsumen yang akurat tentang berbagai taktik penetapan harga yang diterapkan pemasar, sedangkan pengetahuan subjektif mencerminkan pengetahuan konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga yang didasarkan pada penilaian konsumen secara subjektif. Pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga terdiri dari pengalaman konsumen dalam melihat dan membeli produk-produk yang ditawarkan dengan taktik penetapan harga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh pengetahuan objektif terhadap pengetahuan subjektif konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga, serta pengaruh pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga terhadap pengetahuan objektif dan subjektif konsumen tersebut. Penelitian dilakukan Carrefour Surabaya.Jumlah sampel sebanyak 174 responden. Analisis penelitian yang digunakan adalah metode regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan objektif konsumen Carrefour tentang berbagai taktik penetapan harga berpengaruh secara signifikan terhadap subjektif tentang berbagai taktik penetapan harga konsumen tersebut, usia konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan objektif konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga, pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan objektif dan subjektis konsumen, dan pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara pengetahuan objektif dan subjektif konsumen. Hubungan antara pengetahuan objektif dan subjektif konsumen akan semakin lemah dengan adanya pengalaman konsumen tentang berbagai taktik penetapan harga yang tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan objektif konsumen tentang taktik penetapan harga, pengetahuan subjektif konsumen tentang taktik penetepan harga, pengalaman konsumen tentang taktik penetapan harga.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:37
Last Modified: 03 Jul 2019 04:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/34957

Actions (login required)

View Item View Item