Hubungan Relationship Marketing Dengan Loyalitas Konsumen Pada Anggota The Body Shop

Irmawati, Agnes (2002) Hubungan Relationship Marketing Dengan Loyalitas Konsumen Pada Anggota The Body Shop. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148854

Abstract

The Body Shop sebagai suatu perusahaan manufaktur yang memproduksi produk perawatan tubuh dan kecantikan memiliki suatu keunikan tersendiri dibandingkan produk perawatan tubuh dan kecantikan yang lain. Keunikan yang dimiliki oleh The Body Shop adalh penggunaan bahan alami pada setiap produknyaDengan keunikan yang dimiliki oleh the Body Shop diharapkan konsumen akan lebih tertarik menggunakan produk The Body Shop. Maka dari itu The Body Shop dituntut untuk dapat memahami dan memuaskan konsumennya untuk mempertahankan kelangsungan hidup dari The Body Shop itu sendiri. Kelangsungan hidup badan usaha dapat dipertahankan dengan mempertahankan loyalitas konsumen pada merek tertentu. Loyalitas konsumen ini bisa dipertahankan dengan melakukan suatu strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh badan usaha adalah relationship marketing. Relationship marketing adaiah suatu proses untuk menciptakan, mempertahankan dan mempertinggi suatu hubungan yang kuat dan yang bernilai dengan pelanggan. Relationship marketing ini dilakukan dengan menggunakan tiga pendekatan yaitu: pendekatan dengan manfaat ekonomis, manfaat sosial dan ikatan struktural. (Kotler & Armstrong, 1996). Penelitian dilakukan pada populasi anggota The Body Shop Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling, sedangkan metode pengambilan datanya menggunakan angket. Angket yang diberikan pada subyek ada 200 angket dan pada akhirnya yang terkumpul adalah 127 angket. Analisa data menggunakan analisis regresi dengan tiga prediktor. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara relationship marketing dengan loyalitas konsumen (r = 0,698; p = 0,000). Sedangkan dengan menggunakan korelasi parsial didapat hasil ada hubungan yang sangat signifikan antara manfaat ekonomis dengan loyalitas konsumen (rly - 2,3 = 0,413; p = 0,000), ada hubungan yang signifikan antara manfaat sosial dengan loyalitas konsumen (rly- 1,3 = 0,252; p = 0,000), ada hubungan yang tidak signifikan antara ikatan struktural dengan loyalitas konsumen (rly- 1,2 = 0,110; p = 0,220). Adapun saran-saran yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain: lebih memperhatikan hasil dari uji linearitas dimana korelasinya sebaiknya linear dan bukan kuadratik. Pihak The Body Shop berusaha mempertahankan atau bahkan lebih meningkatkan lagi program relationship marketing yang telah dilakukan agar sesuai dengan tuntutan konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 15 Jul 2013 06:23
Last Modified: 23 Jan 2014 08:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3522

Actions (login required)

View Item View Item