Perlindungan Hukum Kerahasiaan Data Pasien Dalam Rekam Medik Elektronik

Amir, Nabbilah (2019) Perlindungan Hukum Kerahasiaan Data Pasien Dalam Rekam Medik Elektronik. In: Seminar Nasional Paperless Healthcare System In Indonesia, 2 Maret 2019, Semarang .

[thumbnail of Nabbilah Amir_Analisis Perlindungan Hukum Kerahasiaan Pasien Terhadap Rekam Medik Elektronik_2019_Revisi.pdf]
Preview
PDF
Nabbilah Amir_Analisis Perlindungan Hukum Kerahasiaan Pasien Terhadap Rekam Medik Elektronik_2019_Revisi.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan perangkat elektronik tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan saat ini, memasuki era revolusi Industri 4.0 dimana kecanggihan teknologi dapat menggantikan tugas manusia, maka penggunaan perangkat elektronik tidak saja dapat ditemukan didalam kehidupan rumah tangga, perkantoran dan pendidikan namun juga didalam pelayanan medis. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh penyedia layanan kesehatan baik rumah sakit maupun klinik dalam bentuk pemanfaatan teknologi semakin berkambang pesat salah satunya rekam medik elektronik yang diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengurangan penggunaan kertas. Rekam medik yang semula menggunakan kertas (konvensional) berubah menjadi rekam medik elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana rekam medik elektronik dapat melindungi kerahasiaan Data Pasien dan berfungsi sebagai alat bukti dipersidangan dalam kasus malpraktik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif serta menggunakan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, perlu adanya konsen dari pemerintah dalam memberikan kepastian hukum terhadap keberadaan rekam medik elektronik mengingat penerapannya telah dilakukan oleh beberapa rumah sakit dan klinik di Indonesia. Pemerintah sudah seharusnya memberikan kepastian hukum yang baku terhadap perubahan rekam medik konvensional ke rekam medik elektronik berupa dikeluarkannya peraturan perundang-undangan yang spesifik mengatur tentang rekam medik elektronik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 29 Jul 2019 08:20
Last Modified: 29 Jul 2019 08:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35220

Actions (login required)

View Item View Item