DINAMIKA PSIKOLOGIS PENDERITA GANGGUAN PSIKOLOGIS SKIZOFRENIA PSYCHOLOGICAL DYNAMICS OF PATIENT WITH SCHIZOPHRENIA DISORDER

Onggo, Mega Indrawati and Dianovinina, Ktut and Dimas , Samuel (2019) DINAMIKA PSIKOLOGIS PENDERITA GANGGUAN PSIKOLOGIS SKIZOFRENIA PSYCHOLOGICAL DYNAMICS OF PATIENT WITH SCHIZOPHRENIA DISORDER. GUIDENA : Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 9 (2). ISSN 2088-9623 (Print); 2442-7802 (Online) (Submitted)

[thumbnail of Mega Onggo_Dinamika Psikologis Skizofrenia_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Mega Onggo_Dinamika Psikologis Skizofrenia_Abstrak.pdf - Accepted Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of Mega Onggo_Dinamika Psikologis Skizofrenia.pdf] PDF
Mega Onggo_Dinamika Psikologis Skizofrenia.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jumlah penderita gangguan skizofrenia semakin meningkat setiap tahunnya. Skizofrenia juga merupakan gangguan psikologis yang parah. Tujuan penelitian adalah mengetahui dinamika gangguan skizofrenia melalui mengetahui faktor penyebab secara internal dan eksternal serta interaksi kedua faktornya. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Jumlah partisipan penelitian adalah satu orang, yaitu Ryan yang sudah didiagnosis terkena gangguan skizofrenia sejak tahun 2010. Pemeriksaan menggunakan wawancara, observasi, dan beberapa alat tes psikologi. Hasil menunjukkan bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya gangguan skizofrenia. Faktor internal berupa tipe kepribadian, keterampilan coping yang maladaptif dalam menghadapi masalah, dan konsumsi obat terlarang khususnya yang mengandung amphetamine. Faktor eksternal berupa pola asuh dan masalah yang dihadapi. Faktor internal dan eksternal tersebut saling berinteraksi membuat seseorang rentan terkena gangguan skizofrenia dan memicu relapse. Hasil penelitian dapat membantu mencegah gangguan skizofrenia di masa mendatang melalui psikoedukasi orangtua dan intervensi pada keterampilan coping dan regulasi emosi penderita gangguan skizofrenia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: faktor eksternal, faktor internal, gangguan skizofrenia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:50
Last Modified: 05 Aug 2019 08:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35425

Actions (login required)

View Item View Item