PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH DEBITUR TERHADAP PENETAPAN BUNGA BANK YANG TIDAK SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DALAM PERJANJIAN KREDIT

Priyambodo, Sigit (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH DEBITUR TERHADAP PENETAPAN BUNGA BANK YANG TIDAK SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DALAM PERJANJIAN KREDIT. Jurnal Media Hukum dan Peradilan. pp. 147-160. ISSN 2654-8178 (Online); 2442-7829 (Print)

[thumbnail of Sigit Priyambodo_PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH DEBITUR.pdf]
Preview
PDF
Sigit Priyambodo_PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH DEBITUR.pdf

Download (595kB) | Preview
Official URL / DOI: http://ejournal-pps.unsuri.id/index.php/jmhp/artic...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penetapan dan perhitungan bunga bank bertentangan dengan peraturan perundang–undangan yang berlaku serta menganalisis pelirndungan hukum bagi nasabaha debitur selaku penerima kredit dalam perjanjian kredit. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumen, yaitu melakukan penelitian terhadap dokumen-dokumen yang berhubungan dengan permasalahan yang akan diteliti guna memperoleh landasan teoritis dan informasi dalam bentuk ketentuan formal. Bahan –bahan yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan metode normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwaPerhitungan Suku Bunga Dasar Kredit (Prime Lending Rate) bertentangan dengan pasal1767 ayat 3 KUH Perdata. Lembaran Negara nomor 22 tahun 1848 sehingga tidak memberikan kepastian hukum kepada masyarakat yang ingin menerima kredit dari bank untuk mengembangkan usahanya. Bentuk perlindungan hukum kepada debitur terhadap dalam kredit berdasarkan pasal 1323 KUHPerdata perjanjian yang dilakukan antara bank sebagai pemberi kredit dan nasabah sebagai penerima kredit batal demi hukum dan berdasarkan pasal 1166 memberikan perlindungan hukum sebagai pemilik benda.Diharapkan Pada saat pembacaan klausula mengenai penetapan bunga bank yang dilakukan oleh bank hendaknya dicermati dulu peraturan perundang –undangan mengenai penetapan pemberian kredit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nasabah Debitur, Penetapan bunga bank, perjanjian kredit
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Notary
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:44
Last Modified: 07 Aug 2019 04:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35514

Actions (login required)

View Item View Item