PERTANGUNGG JAWABAN NOTARIS PPAT DALAM MELAKUKAN PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (BPHTB)

Leomuwafiq, Ghazi (2019) PERTANGUNGG JAWABAN NOTARIS PPAT DALAM MELAKUKAN PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (BPHTB). Jurnal Media Hukum dan Peradilan, 5 (1). pp. 101-117. ISSN 2654-8178 (Online); 2442-7829 (Print)

[thumbnail of Ghazi Leomuwafiq_Pertanggungjawaban Notaris PPAT.pdf]
Preview
PDF
Ghazi Leomuwafiq_Pertanggungjawaban Notaris PPAT.pdf

Download (522kB) | Preview
Official URL / DOI: http://ejournal-pps.unsuri.id/index.php/jmhp/artic...

Abstract

Pelayanan jasa Notaris sebagai bagian pelayanan terhadap masyarakat, harus berjalan sejajar dengan perkembangan masyarakat dimasa sekarang dan masa depan. Salah satu pelayanan Notaris yang dilakukan dalam kedudukannya sebagai PPAT adalah pelayanan pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dalam hal jual beli dan peralihan hak atas tanah. Pembayaran BPHTB merupakan salah satu syarat pendaftaran peralihan hak atas tanah dalam ketentuan Pasal 103 Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 1997. Karena adanya kewajiban pembayaran BPHTB tersebut mengakibatkan tenggang waktu antara perikatan jual beli yang dilakukan dihadapan Notaris, dengan pelaksanaan jual beli/peralihan hak atas tanahnya yang dilakukan dihadapan PPAT yang berwenang memiliki jarak waktu relatif lama, dan biasanya pembeli yang melakukan transaksi jual beli hak atas tanah tersebut menyerahkan sejumlah uang untuk biaya BPHTB dengan menitipkannya kepada Notaris yang membuat akta peralihan hak atas tanahnya. Di satu sisi, karena jangka waktu yang relatif lama antara perikatan jual beli yang dilakukan dihadapan Notaris dengan jual beli yang dilakukan dihadapan PPAT yang berwenang tersebut, sedangkan biaya BPHTB yang dititipkan oleh klien kepada Notaris selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), memungkinkan adanya peluang penyelewengan dengan cara tidak membayarkan atau penggelapan dana BPHTB yang dititipkan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Notaris, PPAT, Penggelapan, Pajak BPHTB
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Notary
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 08 Aug 2019 08:05
Last Modified: 08 Aug 2019 08:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35588

Actions (login required)

View Item View Item