Ambari, Prinda Kartika Mayang and panjaitan, Lena N. and Kartika, Aniva (2020) Penanganan Guru PAUD Terhadap Kecemasan Berpisah Pada Anak di Sekolah. Jurnal Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 16 (1). ISSN 1858-4063; EISSN: 2503-0949 (Submitted)
Preview |
PDF
Prinda Kartika MA_Penanganan Guru PAUD Terhadap Kecemasan Berpisah_Abstrak.pdf - Accepted Version Download (249kB) | Preview |
PDF
Prinda Kartika MA_Penanganan Guru PAUD Terhadap Kecemasan Berpisah.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (456kB) |
Abstract
Kecemasan berpisah dapat terjadi pada siapapun termasuk pada anak-anak. Anak yang berada pada situasi atau lingkungan baru yang membuat terpisah dari figur lekat dapat mengalami kecemasan berpisah. Faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan berpisah menurut Moldovan & Moldovan (2013) adalah genetik dan lingkungan. Kecemasan berpisah sering dilaporkan terjadi di sekolah. Hal ini membutuhkan penanganan sesegera mungkin supaya tidak berkembang menjadi suatu gangguan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana gambaran anak yang mengalami kecemasan berpisah di sekolah dan penanganan yang dilakukan guru selama ini di sekolah. Subjek dalam penelitian adalah 4 orang guru yang mengajar di PAUD. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner kecemasan berpisah. Teknik yang dilakukan peneliti dalam memilih partisipan penelitian adalah dengan purposive sampling method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan yang dilakukan belum menunjukkan hasil yang maksimal. Gejala kecemasan berpisah yang dialami oleh anak di sekolah rata-rata masih tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecemasan berpisah, penanganan guru, PAUD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Ester Sri W. 196039 |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 02:58 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 02:58 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35608 |
Actions (login required)
View Item |