Kualitas Layanan Bimbingan Skripsi Berdasarkan Persepsi dan Harapan pada Mahasiswa dan Dosen

Rorimpandey, Jeanita M. (2007) Kualitas Layanan Bimbingan Skripsi Berdasarkan Persepsi dan Harapan pada Mahasiswa dan Dosen. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_848_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_848_Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/134499

Abstract

Karya tulis berupa skripsi, merupakan salah satu syarat utama kelulusan mahasiswa dari perguruan tinggi dan berhak memperoleh gelar sarjana strata 1. Dalam proses penyelesaian skripsi, mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing skripsi. Dosen sebagai penyedia jasa, akan melayani mahasiswa sesuai dengan waktu yang dimilikinya. Kualitas pelayanan terjadi didalam interaksi antara dosen dan mahasiswa. Layanan yang diberikan oleh dosen pembimbing bersifat heterogeneous (beraneka ragam), artinya performance dosen umumnya bervariasi antara mahasiswa satu dengan mahasiswa lain dari waktu ke waktu, sehingga kualitas pelayanan tidak dapat distandarisasikan, sehingga ketepatan waktu penyelesaian skripsi setiap mahasiswa bervariasi. Layanan yang beraneka ragam membuat persepsi dan harapan mahasiswa maupun dosen berbeda pula. Penelitian diukur dengan persepsi dan harapan terhadap kualitas layanan bimbingan skripsi pada mahasiswa dan dosen. Yang mana kualitas layanan bimbingan skripsi adalah penilaian performance yang diberikan dosen kepada mahasiswa. Layanan sangat dipengaruhi oleh persepsi pelanggan terhadap layanan aktual (Blumberg,1991). Kenyataan kualitas layanan, jika harapan lebih rendah daripada kenyataan, maka dapat dikatakan kualitas sangat memuaskan. Tujuan penelitian yaitu mengetahui ada tidaknya perbedaan serta hubungannya kualitas layanan bimbingan skripsi ditinjau dari persepsi dan harapan pada mahasiswa Subjek dalam penelitian ini berjumlah 21 dosen Fakultas Psikologi dan 93 mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya. Untuk pengambilan data digunakan kuesioner/angket. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan persepsi dan harapan terhadap kualitas layanan bimbingan skripsi pada mahasiswa (t=-4.900, z=0.000, p<0.05), ada perbedaan persepsi dan harapan terhadap kualitas layanan bimbingan skripsi pada dosen (t=-2.202, z=0.033, p<0.05), ada perbedaan persepsi terhadap kualitas layanan bimbingan skripsi pada mahasiswa dan dosen (t=-3.491, z=0.000, p<0.05), ada perbedaan harapan terhadap kualitas layanan bimbingan skripsi pada mahasiswa dan dosen (t=4.555, z=0.000, p<0.05). Mahasiswa memiliki nilai mean persepsi dan harapan lebih tinggi daripada nilai mean dosen. Hal ini berarti layanan bimbingan dosen yang diberikan belum sesuai dengan harapan mahasiswa. Aspek yang perlu diperhatikan adalah reliability (keandalan), assurance (jaminan), dan empahty (kepedulian).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, persepsi, harapan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:40
Last Modified: 09 Aug 2019 06:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35629

Actions (login required)

View Item View Item