Pembuatan Multimedia Interatif Pembelajaran Origami untuk Anak Sekolah Dasar Kelas IV-VI

ERVERIN, PRISKA (2011) Pembuatan Multimedia Interatif Pembelajaran Origami untuk Anak Sekolah Dasar Kelas IV-VI. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_1425_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_1425_Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224109

Abstract

Origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Dengan origami, seseorang dapat membuat bermacam-macam objek dengan melipat kertas origami. Origami memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk tumbuh kembang anak. Saat ini, terdapat beberapa metode pembelajaran origami yang banyak dilakukan, dimana metode-metode tersebut memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan masing-masing. Metode pertama adalah pembelajaran di depan kelas dengan peragaan langsung oleh staf pengajar yang membuat pembelajaran sangat terbatas oleh ruang dan waktu. Metode kedua adalah pembelajaran di rumah dengan melihat di buku yang membuat anak cenderung cepat bosan dan tidak bisa mengikuti instruksi dengan baik. Metode ketiga adalah pembelajaran dengan melihat video rekaman pembuatan origami dimana anak tidak dapat memberikan feedback sehingga seringkali tertinggal dalam mengikuti instruksi. Dari kelemahan-kelemahan metode yang sudah disebutkan di atas, maka dibutuhkan sebuah metode baru yang dapat meminimalisir segala kekurangan dan mengambil kelebihan masing-masing metode. Untuk itu, dibuatlah sebuah aplikasi multimedia interaktif pembelajaran origami dengan judul Origami Land. Dalam aplikasi Origami Land, anak akan diajarkan membuat origami berbentuk binatang, dimana pembelajaran origami tersebut dikemas dalam bentuk cerita, sehingga anak tidak lagi merasa bosan karena selain belajar, anak juga bisa bermain. Dengan aplikasi Origami Land ini, pembelajaran origami dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Anak juga dapat memberikan feedbacknya saat mengikuti instruksi pembelajaran origami, sehingga anak tidak lagi tertinggal. Selain itu, juga akan dibuat sebuah website bersifat statis yang diunggah dengan alamat www.origami-land.com untuk mempromosikan aplikasi Origami Land ini. Aplikasi dan website sudah melewati proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi menghasilkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena user dapat merasakan manfaat dari aplikasi ini sebagai sarana pembelajaran origami yang menarik serta mudah dimengerti oleh anak.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Pembelajaran Origami
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:04
Last Modified: 12 Aug 2019 07:04
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/35689

Actions (login required)

View Item View Item